Ngedongeng Yuk Bareng Kang Budi Euy

oleh -
dongeng
Kang Budi Euy, pendongeng keliling saat mendongeng di depan anak-anak di Tangerang, Banten.

TANGERANG, REDAKSI24.COM – Komunitas Literasi Pasar Kemis (KLP) Kabupaten Tangerang berencana menggelar Workshop Mendongeng Gaya Kang Budi Euy, di SMK Iqro, Desa Sukaasih, Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Minggu (10/11/2019).

“Kang Budi Euy adalah pendongeng keliling nusantara,  pengagas program Sedekah Dongeng Keliling Nusantara dan pendiri Jelajah Dongeng Indonesia Kang Budi Euy. Dia juga sudah mendongeng ke beberapa provinsi di Indonesia,” ungkap Ketua KLP, Rifal Ocong kepada wartawan, baru-baru ini.

Ocong berharap, dengan pengalamannya mendongeng, Kang Budi bisa berbagi pengalamannya yang berharga kepada para peserta workshop dari kalangan guru-guru PAUD dan SD serta masyararakat umum.

Dijelaskannya, dalam workshop yang akan digelar sekitar enam jam itu, yakni dari pukul 09.00 hingga pukul 13.00 WIB, Kang Budi akan menyampaikan materi full praktek yang diawali pemaparan singkat seputar dongeng.

Selanjutnya, kata Ocong, Kang Budi akan menyampaikan materi tentang faktor-faktor pendukung mendongeng, kiat-kiat menulis dongeng, membacakan dongeng, mendongeng secara naratif,  baik individu atau personal maupun kelompok.

BACA JUGA:

Wakili Provinsi Banten, SKH Negeri 01 Kota Serang Juarai Lomba Cipta Baca Puisi Tingkat Nasional

. Sejarah Komunis Bukan Saja Lewat Film G30S/PKI

. Wayang Golek Tradisi Lokal Yang Mendunia

Selain itu, bakal ada materi memindahkan teks dongeng yang sudah ditulis peserta ke dalam bentuk naskah teater dongeng. Kang Budi juga akan tampil membawakan dongeng dalam bentuk pertunjukan dongeng.

“Wah worskhop ini bakal seru. Saya berharap setelah para peserta mengikuti worskhop,  mereka memiliki pengetahuan khusus tentang mendongeng dan mau mempraktekannya sehingga kelak menjadi pendongeng,” katanya.

“Yang tidak kalah pentingnya, khusus bagi guru-guru PAUD dan SD, setelah mengikuti workshop, mereka mau mengelaborasikan pengetahuan mendongengnya dalam proses belajar mengajar di sekolahnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kang Budi mengatakan workshop di Pasar Kemis ini sebagai langkah awal untuk melestarikan tradisi dongeng. Sebab  mendongeng di era milenial ini sudah hilang dalam kehidupan keluarga  dan sosial.

“Kita hidupkan lagi tradisi mendongeng di keluarga dan sosial. Salah satu caranya dengan menyelenggarakan workshop dongeng,” unkap Kang Budi yang juga seorang jurnalis dan penulis cerpen ini.

Sekedar informasi, Kang Budi sudah melaksanakan sedekah dongeng keliling nusantara, seperti Sedekah Dongeng Keliling 3 Provinsi di Jawa Timur-Bali-NTB (2019), Sedekah Dongeng Keliling 7 Kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah (2018).

Selain itu, Sedekah Dongeng Keliling Lampung Selatan (2018), Sedekah Dongeng Keliling Jabodetabek (2017), Sedekah Dongeng Keliling  NTT (2017), Sedekah Dongeng Keliling Banten (2016), dan Sedekah Dongeng Keliling Tangerang Raya tahun 2015 sampai saat ini. (Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.