Nasdem dan Perindo Belum Sepakat Satu Fraksi di DPRD Pandeglang

  • Whatsapp
DRPD Pandeglang
Wakil Ketua Bidang Hukum DPC Nasdem Pandeglang, Banten, Yangto.

REDAKSI24.COM – Pembentukan fraksi di DPRD Pandeglang, Banten berlangsung alot. Dua partai politik (Parpol), Nasdem dan Perindo  masih tarik ulur dan belum memiliki kesepakatan untuk merger membentuk satu fraksi. Akibatnya, pembentukan fraksi-fraksi di DPRD Pandeglang terpaksa harus tertunda.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Kamis, (29/8/2019), para anggota DPRD yang baru saja dilantik beberapa hari lalu, telah melaksanakan rapat bersama Sekretaris Dewan (Sekwan) untuk membahas pembentukan alat kelengkapan dewan, termasuk fraksi – fraksi.

Bacaan Lainnya

Namun baru beberapa Parpol saja yang sudah memiliki fraksi, sementara dua Parpol lagi belum terbentuk karena diketahui belum mencapai kesepakatan. Informasinya, Nasdem dan Perindo akan membentuk fraksi gabungan.

Pasalnya, Nasdem hanya 3 kursi dan Perindo 1 kursi. Sehingga tidak mencapai target satu fraksi. Sementara Tata Tertib (Tartib) DPRD Pandeglang untuk bisa membentuk fraksi, Parpol harus memiliki minimal 4 kursi.

BACA JUGA:

. TB Udi Zuhdi Dipastikan Pimpin DPRD Pandeglang

. Mahasiswa Sebut Anggota DPRD Pandeglang yang Lama Gagal Fokus

. Bupati Pandeglang Ajak Anggota DPRD yang Baru Bersinergi

Wakil Ketua Bidang Hukum Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Nasdem Pandeglang, Yangto mengatakan, sebelumnya ada empat Parpol yang tidak memenuhi syarat membentuk fraksi di DPRD, yakni Nasdem, Perindo, PAN dan PBB.

Namun belakangan PAN yang memiliki 3 kursi telah bergabung dengan PBB yang memiliki 1 kursi untuk membentuk satu fraksi. “Sedangkan Nasdem dan Perindo hingga kini belum menemui kesepakatan,” kata Yangto saat ditemui di Gedung DPRD Pandeglang, Kamis (29/8/2019).

Karena komunikasi awal dengan Perindo belum menemui kata sepakat, Yangto mengaku kemungkinan juga Nasdem akan bergabung dengan Fraksi PDI P. Pihaknya sudah menjalin berkomunikasi dengan PDIP.

“Kalau kami sebenarnya sejak awal sudah klop dengan PDIP,” katanya.

Sementara Sekwan DRPD Pandeglang, Entis Sutisna mengakui dari hasil rapat yang digelar siang tadi, sebagian Parpol sudah membentuk fraksi. Namun masih ada dua Parpol yang belum, karena harus digabung.

Partai Nasedem dan Perindo yang belum masuk fraksi. Karena kursi yang diraih tidak mencukupi, sehingga perlu digabung,” tuturnya.

Sejauh ini, kata Entis, pihaknya belum mengetahui bergabung atau tidaknya kedua partai tersebut menjadi satu fraksi. Pihaknya menargetkan tanggal 30 Agustus sudah harus ada kesepakatan pembentukan fraksi.

“Karena belum ada kesepakatan kedua Parpol belum membentuk fraksi. Mudah-mudahan besok (Jumat 30/8/2019, red) sudah terbentuk,” tutupnya.(Samsul/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.