Musim Hujan, Warga Diminta Waspadai Demam Berdarah Dengeu

oleh -
Musim Hujan, Warga Diminta Waspadai Demam Berdarah Dengeu Dinkes Kabupaten Tangerang DBD
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi menyebut, memasuki musim hujan, sangat identik dengan jenis penyakit batuk, pilek dan diare.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Kawasan Tangerang Raya, termasuk Kabupaten Tangerang, Banten, saat ini mulai dilanda hujan, mulai intensitas rendah hingga tinggi.

Memasuki musim penghujan, biasanya banyak penyakit yang mengintai, membuat warga harus selalu waspada dalam menjaga kesehatan, terlebih saat ini masih dalam situasi pandemi COVID-19.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi menyebut, memasuki musim hujan, sangat identik dengan jenis penyakit batuk, pilek dan diare.

“Namun yang harus lebih diwaspadai dan diperhatikan secara serius yakni penyakit DBD (demam berdarah dengue),” ungkap Hendra Tarmizi kepada wartawan Selasa (19/10/2021).

BACA JUGA: DPD Golkar Kabupaten Tangerang Gelar Vaksin Dosis Kedua

Penyakit yang dibawa nyamuk Aedes aegypti itu, kata Hendra, muncul akibat banyaknya genangan air, terlebih saat musim hujan. Genangan air merupakan tempat terbaik bagi larva nyamuk untuk tumbuh dan berkembang biak.

Hendra menjelaskan, penyakit demam berdarah berpotensi pada kematian. Penyakit DBD, kata Hendra tak mengenal usia, semua kalangan bisa terjangkit penyakit mematikan tersebut.

“Usia anak-anak lebih menyebabkan angka kematian yang tinggi, karena anak-anak cenderung belum memiliki kekebalan tubuh yang maksimal,” jelasnya.

Untuk mencegah berkembangnya nyamuk penyebab DBD, lanjut Hendra, warga harus menggencarkan kembali program pemberantasan sarang nyamuk (PSN) melalui gerakan 3M, yakni  menutup, menguras dan mengubur benda-benda yang dapat menampung air bersih.

“Memasuki musim hujan, masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan. Selain COVID-19 juga yang tidak kalah penting mencegah DBD,” katanya.(Difa)

One thought on “Musim Hujan, Warga Diminta Waspadai Demam Berdarah Dengeu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.