Murid SD di Pandeglang Dikenalkan Benda Bersejarah

oleh -
Sejumlah murid sekolah dasar melihat benda bersejarah yang dipamerkan di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten.

REDAKSI24.COM — Ratusan murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten dikenalkan Benda Cagar Budaya (BCB). Tujuannya, agar mereka menjaga dan bisa melestarikan benda-benda bersejarah tersebut.

Pengenalan BCB dilakukan melalui kegiatan pameraan BCB yang digelar Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Banten, di Aula Gedung PKPRI Labuan, kemarin  (25/7/19).

Ketua Pelaksana Pelestarian Cagar Budaya (PCB) Banten, Fajar Satya Purnama mengatakan, pameran BCB merupakan sosialisasi benda bersejarah kepada murid sekolah dasar agar lebih mengenal BCB, dan bisa melestarikannya.

“Supaya nilai sejarah BCB tidak punah, harus tetap dijaga dan dilestarikan. Salah satunya mengenalkan kepada murid-murid SD,” ungkapnya

Lanjut Fajar, ada berbagai macam BCB yang dipamerkan dalam kegiatan tersebut, mulai dari benda berupa senjata mariam peninggalan jaman Belanda, batu tulis, batu gong serta benda bersejarah lainnya.

“Anak-anak bisa melihat langsung benda bersejarah, dan bisa mengetahui nama-nama BCB serta tahun penemuannya,” katanya.

Menurutnya, pameran BCB akan dilangsungkan selama satu pekan. Harapannya, melalui kegiatan tersebut, para generasi muda ikut peduli terhadap BCB. Jadi kalau BCB itu sudah dikenalkan kepada generasi penerus bangsa, benda bersejarah ini tidak akan punah.

“Mulai hari ini kami kenalkan BCB kepada murid SD agar mereka mengetahui sejarah, sehingga nantinya cagar budaya tidak rusak dan tetap lestari,” ujarnya.

Putri, seorang murid SDN Labuan mengaku, senang adanya pameran BCB. Karena kata dia, bisa mengetahui sejarah. “Saya sudah mengetahui beberapa benda bersejarah. Seperti batu tulis, batu gong dan batu ranjang,” tuturnya.(SAMSUL/DIFA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *