Mulai Jumat Besok, Dinkes Lebak Akan Screening Seluruh OPD Untuk Antisipasi Klaster Covid-19 di Perkantoran

  • Whatsapp
Dinkes lebak
Kepala Dinkes Kabupaten Lebak, Triatno Supiono.

KABUPATEN LEBAK, REDAKSI24.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Lebak akan melakukan screening massal di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Lebak. Hal itu dilakukan seiring dengan tingginya kasus terkonfirmasi Covid-19 di daerah tersebut.

Kepala Dinkes Kabupaten Lebak, Triatno Supiono menjelaskan, bahwa screening itu berbeda dengan tracking. Tracking itu, katanya, hanya dilakukan jika ditemukan suatu kasus terkonfirmasi Covid-19. 

Bacaan Lainnya

“Ya kita akan gencarkan itu, kalaupun kita melakukan swab test dilingkungan perkantoran, itu sifatnya screening. Bukan, tracking. Harap bedakan itu, tracking hanya dilakukan jika ditemukan kasus terkonfirmasi, sedang screening dilakukannya jika tidak ditemukannya kasus,” katanya kepada awak media, Kamis (10/9/2020).

Screening tambah dia, dapat dilakukan dengan cara test Covid berupa rapid test, swab test, maupun PCR. Pihaknya juga tengah berkoordinasi dengan Dinkes Provinsi Banten untuk meningkatkan capaian screening dilingkungan Pemkab Lebak.

BACA JUGA: Selama Pandemi Covid-19 Bupati Lebak Larang ASN Bepergian ke Luar Daerah

“Kami sudah berkoordinasi dengan Provinsi untuk membantu meningkatkan capaian screening yang akan dilakukan pada hari Senin nanti,” katanya.

Pion sapaan akrab Kadinkes Lebak menambahkan, saat ini terdapat 2 OPD yang Aparatur Sipil Negara (ASN) nya terkonfirmasi Covid-19. Kedua OPD tersebut yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lebak dan juga Dinas Koperasi dan UMKM Lebak. 

“Klaster yang besar saat ini yakni klaster Disdukcapil Lebak. Tadinya hanya satu yang terkonfimasi, sekarang ada 12 yang terkonfirmasi positif Covid-19. Untuk itu kita sekarang gencarkan screening di seluruh OPD di Lebak, ” pungkasnya. 

Dirinya berharap,  kepala setiap OPD dapat mengimbau agar seluruh pegawainya untuk hadir dalam pelaksanaan screening tersebut. 

BACA JUGA: Kasus Positif Covid-19 di Lebak Meningkat Tajam, Iti Sebut 14 Diantaranya Berasal Dari Klaster Keluarga

Adapul jadwal pemerikasaan Swab PCR kepada pegawai seluruh OPD di lingkungan Pemda Lebak akan dilakukan mulai besok ( Jumat 11/09/2020) di Dinas Perkim dan DPMPTSP, Senin 14/09/2020 Bapenda dan Dinas Peternakan.

Selasa 15/09/2020 Dishub, Dinsos dan Dispertambun, Rabu 16/09/2020 Dinas Pendidikan, Kamis 17/09/2020 DPMD, DP2KBP3A dan Dispora. Sedangkan pada hari Jumat 18/09/2020 Dinas Ketapang, Dinas Perikanan dan Naker. Senin 21/09/2020 Dinas PUPR, Selasa 22/09/2020 Setda, dan pada hari Rabu 23/09/2020 Dinas Satpol PP, Diskominfo dan Setwan DPRD Lebak. (Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.