Mulai Desember Bayi Yang Tidak Punya NIK Dinonaktifkan Dari Peserta Non Penerima Bantuan Iuran

  • Whatsapp
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa, Nunki Malahayati T.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM — Terhitung 1 Desember 2020, bayi berusia lebih dari 3 bulan yang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) Padan Dukcapil bakal dinonaktifkan dari segmen peserta Non Penerima Bantuan Iuran (PBI). 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa Nunki Malahayati T menuturkan, hasil audit BPKP merekomendasikan mengenai bayi baru lahir. Kata dia, bayi baru lahir dapat didaftarkan sebagai peserta JKN-KIS pada hari kelahirannya. Namun, kenyataan di lapangan, masih banyak orang tua dari bayi yang tidak taat untuk memperbaharui data dari bayi. 

Bacaan Lainnya

Akibatnya, lanjut Nunki, masih banyak data di BPJS Kesehatan yang masih bernama “Bayi Ny. Xx” sehingga ketika akan melakukan pelayanan kesehatan mereka akan diarahkan oleh fasilitas kesehatan untuk memperbaharui data terlebih dahulu.  

“BPJS Kesehatan selalu mengingatkan untuk memperbaharui data bayi paling lambat umur bayi tersebut 3 bulan,” kata dia di hadapan awak media, Kamis (26/11/2020). 

BACA JUGA: Sebanyak 358 Ribu Warga Miskin di Tangsel Tak Lagi Mendapat PBI BPJS Kesehatan

Meski begitu, penonaktifan kepesertaan PBI tersebut tidak akan mengurangi hak peserta JKN-KIS untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Ia juga menjelaskan, bagi orang tua yang hendak melakukan registrasi ulang data bayi baru lahir cukup dengan melakukan pembaruan data dengan registrasi ulang. 

Cara pengaktifannya pun sama dengan Program GILANG, tidak perlu ke kantor cabang, cukup dengan mengakses kanal pelayanan administrasi yang sudah disediakan oleh BPJS Kesehatan, ke nomor PANDAWA BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa 081210292667.

“Namun, sebelum melakukan registrasi ulang, peserta wajib memastikan bahwa NIK-nya sudah termasuk NIK Padan Dukcapil melalui hotline, WhatsApp, SMS, dan email yang disediakan oleh Dukcapil,” tandasnya (Ricky/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.