Mulai Bulan Mei 2021, Aetra Tangerang Naikan Tarif Air Sebesar 6,8 Persen

oleh -
Aetra Air Tangerang, Penyesuaian tarif, Kabupaten Tangerang, PERMENDAGRI No. 71 tahun 2016, RPJMD,

TANGERANG,REDAKSI24.COM–Mulai tagihan bulan Mei 2021 nanti, Aetra Air Tangerang akan melakukan penyesuaian tarif pemakaian air pelanggan.  Besaran penyesuaian tarif yang akan diberlakukan rata-rata pada kisaran 6,8%.

Presiden Direktur PT Aetra Air Tangerang Hari Yudha Hutomo menjelaskan langkah penyesuaian tarif tersebut dilakukan sebagai komitmen Aetra Air Tangerang untuk memberikan peningkatan pelayanan air minum perpipaan terbaik bagi seluruh pelanggannya. Karena menurut Hari dengan telah naiknya ongkos produksi air bersih, salah satunya kenaikan  beberapa bahan kimia untuk proses produksi air bersih membuat langkah penyesuaian tarif ini perlu diambil dalam rangka tetap menjaga pelayanan air bersih yang tetap optimal kepada para pelanggan serta dalam pengembangan infrastruktur, mulai dari fasilitas intake, Instalasi Pengolahan Air, sampai ke jaringan perpipaan, sehingga ketahanan suplai air bagi seluruh pelanggan tetap terjaga.

“Penyesuaian tarif ini telah memenuhi prinsip keterjangkauan  sebagaimana tertuang dalam PERMENDAGRI No. 71 tahun 2016. Bahkan saat disimulasikan kepada pelanggan rumah tangga sederhana dengan penggunaan kebutuhan standar, maka penyesuaian tarif sebesar 6,8% tersebut jika dinominalkan kenaikannya berada pada kisaran Rp10 ribu dari jumlah tagihan biasanya setiap bulan ,” tegas Hari.  

BACA JUGA: PDAM TKR Optimis Bisa Capai Target 60 Persen Memberikan Air Bersih

Selain itu menurut Hari, pengembangan pelayanan yang dilakukan oleh Aetra Tangerang merupakan bentuk dukungan terhadap pencapaian target cakupan akses air minum perpipaan Pemerintah Kabupaten Tangerang di angka 60%, dimana saat ini cakupan akses air minum perpipaan di Kabupaten Tangerang termasuk cakupan pelayanan Aetra Tangerang telah mencapai 37,74%. 

BACA JUGA: Tarif Baru Pajak Kendaraan Bermotor Gagal Naikkan PAD Banten

Aetra Tangerang sendiri saat ini telah melayani lebih kurang 81.000 pelanggan secara langsung dan lebih kurang 19.000 pelanggan melalui air curah, dimana 83,7% nya merupakan pelanggan rumah tangga sederhana. 

Dengan jumlah tersebut, Aetra Tangerang telah mampu mencapai rasio area pelayanan sebesar 59,23% dari wilayah konsesi atau 16.83% dari keseluruhan wilayah Kabupaten Tangerang. Untuk tahun 2021 sendiri Aetra Tangerang menargetkan penambahan pelanggan baru sebanyak lebih kurang 4.000 pelanggan.

Selain itu lanjut Hari, pembangunan infrastruktur di atas dibarengi pula dengan pelayanan kepelangganan yang memberikan beragam kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan, seperti tersedianya Contact Center dan Unit Reaksi Cepat 24 jam, serta kemudahan cara pembayaran tagihan melalui beragam kanal antara lain Bank Mandiri (ATM, Mobile Banking, Internet Banking), Bank BCA (ATM, Mobile Banking, Internet Banking), Indomaret, Alfamart, Kantor Pos, aplikasi OttoPay, dan tentunya melalui loket pembayaran di Kantor Pelayanan Pelanggan Aetra Tangerang. 

“Pelanggan juga dapat memanfaatkan media sosial Aetra Tangerang untuk mendapatkan informasi terbaru terkait pelayanan Aetra Tangerang serta untuk menyampaikan pertanyaan, saran, dan keluhan secara langsung. Selain itu pelanggan juga dapat melakukan pengecekan tagihan serta pengecekan tarif air melalui website Aetra Tangerang,”  jelasnya.

“Dengan perpaduan antara fasilitas infrastruktur serta pelayanan kepelangganan yang handal, Aetra Tangerang optimis mampu pastikan tercapainya peningkatan kualitas di seluruh aspek pelayanan di tahun 2021 ini, sehingga tingkat kepuasan pelanggan diharapkan akan turut mengalami kenaikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” pungkasnya. (Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.