Mudik Lebaran 2019 Dianggap Lancar, Masyarakat Apresiasi Polri, TNI dan Pemerintah

oleh -
LANCAR : Pemberlakuan sistem satu arah (one way) saat pelaksanaan mudik lebaran 1440 dianggap efektif dalam mengatasi kemacetan.

REDAKSI24.COM—Pelaksanaan Mudik Lebaran 1440 Hijriyah/2019 dianggap lebih lancar dari tahun-tahun sebelumnya. Terlebih angka kecelakaan, korban meninggal dunia, luka berat hingga luka ringan juga turun drastis.

Atas capaian ini, sejumlah masyarakat memberikan apresiasi terhadap kinerja Polri, TNI dan juga pemerintah yang diwakili oleh Kementerian Perhubungan serta pihak terkait lainnya.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja kepolisian, TNI dan pmerintah yang membuat pelaksanaan mudik tahun in lebih baik dan aman,” ujar salah seorang pemudik Kiki Sri Rezeki, kepada REDAKSI24.COM, Jumat (14/6/2019).

Kiki mengatakan walaupun masih terjadi kemacetan di beberapa titik namun jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, kemacetan tersebut telah lebih lancar. Untuk itu, Kiki mengaku dirinnya mengapresiasi dengan jajaran TNI-Polri dan Kementerian Perhubungan yang hampir tiap jam atau tiap detik terus memantau perkembangan arus mudik melalui command center.

“Lancarnya pelaksanaan mudik kali ini tentunya berkat adanya koordinasi yang solid semua pihak terkait. Tapi pada level pengaturan arus lalu lintas, itu memang Polri punya peran sangat penting disamping Kementerian Perhubungan,” tutur warga Tangerang yang mengaku mudik ke Bandung ini.

Hal yang sama juga dituturkan oleh Ali, warga Slipi Jakarta. Ali mengatakan, mudik tahun ini dirasakan sangat lancar dari tahun sebelum nya dirinya mengucapkan Terima kasih kepada pemerintah atas pembangunan Infrastruktur diberbagai tempat sehingga kami masyarakat sangat merasakan betul manfaat dari pembangunan tersebut.

“Dengan dibangunnya infrastruktur jalan, kini masyarakat diberikan alternatif untuk mudik ke berbagai daerah tujuan asalnya. Sehingga selain lebih cepat tentunya lebih aman dan nyaman,” ujar Ali.

Sebelumnya, Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra menilai lebih lancarnya pelaksanaan arus mudik tdan balik tahun ini salah-satunya berkat diberlakukannya sistem rekayasa lalu lintas one way.

“Bisa dikatakan tidak ada penumpukan yang terlalu lama selama arus mudik tahun ini. Untuk itu kami menganggap pemberlakuakn sistem one way sangat efektif,” ujar Asep.

Selain itu lanjut Asep, untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat selama Idul Fitri, polisi menyelenggarakan Operasi Ketupat 2019. Operasi yang dilaksanakan selama 13 hari yakni pada 29 Mei-10 Juni 2019 selain untuk mengatur kelancaran lalulintas juga untuk meminimalisir potensi kerawanan seperti perampokan, begal, pencurian, sweeping oleh ormas, hingga gangguan terhadap kelancaran dan keselamatan angkutan transportasi.

“Saat Operasi Ketupat 2019 ini, kami melibatkan 160.335 personel gabungan yang dtempatkan di seluruh Polda di Indonesia. Dan 11 diantaranya menjadi polda prioritas seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, Lampung, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Bali, dan Papua,” ujar Asep. (Markus/Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *