Mobil Vaksin Keliling Jemput Warga Pelosok Pedesaan Kabupaten Tangerang

oleh -
Mobil Vaksin Keliling, Jemput Warga, Pelosok Pedesaan, Kabupaten Tangerang, herd immunity, dinkes kabupaten tangerang,
Bupati Tangerang, Banten, A Zaki Iskandar mengatakan, mobil vaksin keliling untuk menjangkau masyarakat dalam upaya mempercepat program vaksinasi di lingkungan RT maupun RW, terutama di kecamatan yang masuk zona merah.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Demi mendorong percepatan terbentuknya Herd Immunity atau kekebalan kelompok hingga ke pelosok desa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten, menghadirkan mobil vaksin keliling.

Mobil vaksin mulai digerakan ke seluruh pelosok desa Kabupaten Tangerang. Seperti di RW 14, Perumahan Islamic, Kecamatan Kelapa Dua. Warga di kecamatan yang masuk zona merah COVID-19 itu, nampak antre untuk mendapatkan vaksin dari petugas kesehatan mobil vaksin keliling.

Pelayanan vaksin dari mobil vaksin keliling itu juga disaksikan Bupati Tangerang, A Zaki Iskandar, Kapolres Tangsel, Kajari Kabupaten Tangerang, Dandim 05/10, dan Sekretatis Daerah.

Bupati mengatakan, selain melakukan pemantauan program vaksin, pihaknya sekaligus melaunching mobil vaksin di Kecamatan Kelapa Dua. Mobil vaksin ini untuk mempermudah dan menjangkau masyarakat dalam upaya mempercepat dan mempermudah proses vaksinasi di lingkungan RT maupun RW, terutama di kecamatan yang masuk zona merah.

“Kami usahakan mempercepat proses vaksinasi di Kecamatan Kelapa Dua, salah satunya dengan mobil vaksin keliling. Nanti akan ada 3 (mobil vaksin keliling) lagi yang sedang dipersiapkan,” ungkap Zaki saat meninjau mobil vaksin Jumat (6/8/2021).

BACA JUGA: Pemkab Tangerang Kejar Target PTM Awal Januari 2022

Zaki mengatakan, mobil vaksin menerapkan sistem jemput bola. Bisa melayani vaksinasi di tempat-tempat terpencil atau di sekretariat RT atau RW di desa/kelurahan. Mobil vaksin keliling, jelas Zaki, bisa melayani sampai 200-300 dosis vaksin dalam satu lokasi.

“Saat ini baru ada 1 mobil (vaksin keliling) yang sudah dioperasikan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, dr Desiriana Dinardianti menambahkan, tujuannya mobil vaksin ini untuk mendekatkan masyarakat yang belum mendapatkan vaksin COVID-19. Selama ini vaksinasi dilakukan di Puskesmas, rumah sakit dan sejumlah sentra vaksin.

“Kami masih memerlukan strategi lain, karena masih banyak masyarakat, terutama di pedesaan yang tidak sempat atau sulit menjangkau sentra-sentra vaksin tersebut,” jelasnya.

Dia berharap dengan adanya mobil vaksin keliling, warga yang tadinya enggan mendatangi puskesmas atau sentra vaksin karena lokasinya yang jauh, bisa bersedia untuk divaksin.(Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.