Minim Pembinaan, ASN Kota Serang Kerap Mangkir Kerja

  • Whatsapp
ASN Kota Serang
Ketua Komisi I DPRD Kota Serang, Bambang Janoko.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Banyaknya Aparatur Sipil Negara (ASN) yang kerap mangkir kerja, mendapat sorotan dari Komisi 1 DPRD Kota Serang. Wakil rakyat menilai sikap indisipliner ASN lantaran minimnya pembinaan yang dilakukan pohak terkait Pemkot Serang.

Ketua komisi 1 DPRD Kota Serang, Bambang Janoko kepada wartawan di Kota Serang, Jumat (27/12/2019) mengungkapkan, pihaknya kerap menerima laporan banyak pegawai yang bolos bekerja. Bahkan banyak ASN yang justru keluyuran di pusat perbelanjaan saat jam kerja.

Bacaan Lainnya

“Kalau melihat kasus ASN seperti itu, karena kurangnya pembinaan. Tidak bisa langsung menyalahkan pegawai. Harusnya Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) mencari tahu kenapa terjadi kasus ASN bolos,” katanya.

BACA JUGA:

. KASN Soroti Open Bidding Pejabat di Pemprov Banten

. Shalat Gerhana Matahari di Kota Serang Berlangsung Khidmat

. Wali Kota Serang Pastikan Angkutan Natal Laik Jalan

Bambang Janoko menuturkan, tidak disiplinnya pegawai apalagi yang berstatus ASN sangat merugikan masyarakat. Terlebih jika pegawai yang indisipliner itu bertugas pada dinas yang bersentuhan langsung dengan pelayanan dasar masyarakat.

“Jika tahapan pembinaan sudah dilakukan, kejadian indisipliner ASN tidak akan terjadi. Setiap satu bulan harusnya ada evalusi pembinaan kepegawaian, bisa ketika rapat atau apel, bukan sidak saja. Ada tahapan pemanggilan sampai sanksi pemotongan gaji atau tunjangan,” imbuhnya

Terkait pembinaan ASN, Bambang menjelaskan, pada tahun 2020 DPRD Kota Serang sudah menyetujui kenaikan Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) sebesar Rp50 Miliar. Dia berharap kenaikannTPP dibarengi dengan peningkatan kinerja ASN di Kota Serang.

“Seharusnya sudah tidak ada alasan untuk ASN bolos, karena setiap tahun TPP kami naikan, masalah reward juga ada, aturan punisment juga ada. Tinggal bagaimana membina para ASN supaya lebih disiplin,” jelasnya.

Ia meminta Pemkot Serang gencar memberikan pembinaan kepada ASN. DPRD, kata dia, juga akan terus mendorong agar pegawai terus termotivasi melalui penambahan tunjangan. “Lewat tunjangan harusnya ASN lebih termotivasi dan semangat kerja, seperti motto Pemkot Serang, Aje Kendor,” tandasnya.(Adi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.