Milad ke 68 TTKKDH Berlangsung Meriah, Tradisi Keceran Cuma Ada di Bulan Mulud

  • Whatsapp
tradisi keceran
Anggota Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir menggelar tradisi keceran pada Milad ke 68 di Kota Serang.

KABUPATEN SERANG, REDAKSI24.COM – Peringati milad ke 68 tahun, Kesti Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir (TTKKDH) Kabupaten/Kota mengajak pemerintah melestarikan seni budaya yang menjadi warisa leluhur, khususnya Tjimande.

Ketua DPW II TTKKDH Kota Serang, Tubagus Mulyana mengatakan, peringatan milad ini dalam rangka menjalin silaturahmi antara anggota TTKKDH dengan warga pada umumnya.

Bacaan Lainnya

“Kam memperingati TTKKDH yang ke 68 tahun, juga menjalin silaturahmi dengan masyarakat hususnya di Provinsi Banten,” katanya kepada wartawan di kawasan Lontar Baru, Kota Serang, Rabu (27/11/2019).

Pihaknya, imbuh Tubagus Mulyana, bersama unsur Muspida, Muspika, umaro dan jawara bertekada untuk menjalin persatuan dan kesatuan. “Acara kami dimulai zikiran, manakib, tawasul dan santunan kepada anak yatim dan dhuafa,” imbuhnya.

Dia juga berharap pemerintah untuk memfasilitasi upaya pelestarian seni budaya kearifan lokal, khususnya kearifan lokal yang ada di Provinsi Banten.

tradisi keceran
Tradisi keceran cuma ada di bulan Mulud.

Keceran atau tetes mata dengan menggunakan air khusus yang dibuat para sepuh. Keceran Tjimande sebuah tradisi tahunan yang dilaksanakan Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir (TTKKDH) setiap bulan mulud.

Berdasarkan pantauan Redaksi24.com, air yang dibuat para sepuh tersebut diteteskan dengan menggunakan alat yaitu pisau dibalut daun sirih kemudian diteteskan ke kedua mata dan mulut. Maanfaatnya untuk membersihkan mata agar lebih jelas dan mengharumkan mulut.

Ketua DPW TTKKDH II Kabupaten Serang, Tubagus Arif Hidayat mengatakan, tradisi Keceran hanya ada dipersilatan TTKKDH dan harus dilaksanakan pada setiap bulan mulud. Sebab, kata dia, Keceran hanya ada di persilatan Tjimande yang diadakan satu tahun sekali dalam bulan Maulid.

“Selain bulan Maulid tidak ada keceran,” katanya pada acara Milad ke 68 TTKDH di kawasan Lontar Baru, Kota Serang, Banten, Rabu (27/11/2019).

Kegiatan Keceran itu mendapat sambutan meriah dari warga sekitar. Mereka mengapresiasi tradisi keceran yang digelar TTKKDH. Pihaknya juga berharap tradisi Keceran menjadi tradisi kearifan lokal yang harus terus dilestarikan.

“Agar tradisi Keceran ini terus berlanjut dari generasi ke generasi,” tandasnya.(ADI/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.