Meski Sempat Terlambat Sebanyak 32.770 KPM Dapat BST Dari APBD II Pemkab Lebak

  • Whatsapp
Penyaluran BST di Lebak.

LEBAK, REDAKSI24.COM – Sebanyak 32.770 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Lebak dapat Bantuan Sosial Tunai (BST). BST tersebut berasal dari Anggaran penanganan Covid-19 yang bersumber pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak atau APBD II.

Bantuan untuk warga kurang mampu yang ekonominya terganggu akibat penyebaran virus Covid-19 atau Corona ini diserahkan langsung secara simbolis oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya di Kantor Pos Indonesia, Cabang, Rangkasbitung, Sabtu (6/6/2020).

Bacaan Lainnya

“Alhamdulilah hari ini kita bisa melaunching penyaluran BST yang berasal dari APBD II ini untuk 32.700 KPM di Lebak,” kata Bupati Lebak usai melauching penyaluran BST.

Bupati mengakui dalam penyaluran BST yang berasal dari APBD II ini sempat mengalami keterlambatan, dibandingkan dengan penyaluran BST yang berasal dari Kementrian Sosial (kemensos). Katanya, keterlambataan tersebut dikarena harus menjalani proses Refocusing yang panjang.

” Sebelum lebaran kamu baru menyelesaikan Refoucing anggaran penganan Covid-19 jilid II, dan APBD II ini juga masih tergantung dengan Dana Alokasi Umum (DAU) dan bagi hasil dengan Pemprov Banten,” kata Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya meminta masyarakat agar dapat memanfaatkan bantuan sosial tunai ini dengan bijak. Ia juga berharap masyarakat bersama Pemerintah Daerah bergotong royong untuk melawan Pandemi Covid-19 dan menekan angka penyebarannya dengan terus mematuhi protokol kesehatan, mulai dari sering mencuci tangan, menjaga jarak dan mengenakan masker kemanapun.

“Ditengah wabah ini kita harus bersama-sama bergotong-royong peduli lingkungan dan patuhi protokol kesehatan, semoga Allah mudahkan ikhtiar kita bersama, saya juga berharap bapak dan ibu semua dapat memanfaatkan bantuan ini dengan bijak,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Lebak Eka Darmana Putra mengatakan, dalam penyaluran BST ini pihaknya menyiapkan anggaran sebanyak Rp. 58,986,000,000 untuk 32.770 KPM di Lebak. Penyaluran ini akan dilakukan secara bertahap selama tiga bulan kedepan, dengan masing-masing KPM menerima bantuan sebesar Rp 600 ribu.

“Sebagai informasi, masyarakat yang mendapatkan bantuan dari APBN, APBD, dan dana desa tidak akan tumpang tindih, jadi masyarakat tidak bisa mendapat bantuan double, hanya satu bantuan di antara 3 anggaran tadi agar semua rata, semua kebagian,” tandasnya.

Terpisah, Syafi’i (60) salah satu penerima BST ini mengungkapkan bantuan ini sangat bermanfaat khsusnya bagi dirinya yang merupakan seorang lansia ini.

“Saya sangat berterimakasih kepada Pemkab Lebak atas bantuan yang diberikan, bantuan ini sangat membantu meringankan beban kami untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” Ucap Syafi’i . (Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.