Meski Pandemi Covid-19, Perusahaan Tetap Wajib Berikan THR

  • Whatsapp
THR
Kepala Disnakertrans Provinsi Banten, Alhamidi.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Meski Pandemi Covid-19 tengah melanda, namun perusahaan tetap diwajibkan membayar Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawannya. Kewajiban itu sesuai Surat Edaran (SE) nomor M/6/HI/00.01/V/2020, tentang pelaksanaan pemberian THR keagamaan 2020 bagi perusahaan dalam masa Pandemi Covid-19.

Dalam SE tersebut tertulis, setiap perusahaan wajib memberikan THR keagamaan kepada karyawannya secara penuh, jika tidak mampu, maka bisa dilakukan pembayaran secara bertahap dengan batas waktu yang telah disepakati.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten, Alhamidi mengatakan, untuk memastikan pembayaran itu, pihaknya akan mendirikan posko pengaduan. Di posko itu, nantinya para karyawan yang belum mendapat THR bisa melakukan pengaduan.

“Pihak perusahaan juga bisa melakukan pengaduan, jika mengalami kesulitan. Kalau tidak ada yang mengadu berarti semuanya berjalan lancar. Harapannya semua unsur terkait bisa terjalin harmonis,” ujarnya, Senin (11/5/2020).

Alhamidi menambahkan, posko ini dibentuk sebagai bentuk pengawasan pemerintah terhadap kewajiban perusahaan. Jika tidak dilakukan pengawasan, dikhawatirkan kesepakatan yang terjalin secara dwipartit antara perusahaan dengan karyawan tidak berjalan sebagaimana mestinya.

“Takutnya, dalam masa seperti sekarang ini, kesepakatan itu tidak menjadi kewajiban bagi perusahaan,” ujarnya.

Alhamidi mengungkapkan, berdasarkan peraturan perundang-undangan, pembayaran THR wajib dilakukan maksimal tujuh hari sebelum lebaran. Untuk itu, hingga kini pihaknya belum mendapat pengaduan dari pekerja terkait pembayaran THR.

“Belum. Biasanya aduan mulai masuk ketika tujuh hari sebelum lebaran,” tandasnya. (Luthfi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.