Merujuk Fatwa MUI, Pemkab Tangerang Tetap Berikan Vaksinasi Dosis 3  di Siang Hari Saat Ramadan

oleh -
Merujuk Fatwa MUI, Pemkab Tangerang Tetap Berikan Vaksinasi Dosis 3  di Siang Hari Saat Ramadan
Ilustrasi/Ist.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Juru bicara satuan tugas penanganan COVID-19, dr. Hendra Tarmizi mengatakan Pemerintah Kabupaten Tangerang tetap melakukan pemberiaan vaksinasi dosis tiga atau booster selama bulan Ramadan tahun ini. Hendra mengungkap, pelaksanaan pemberian dosis vaksin tetap dilakukan pada siang hari ini agar lebih efektif dan tentunya hal ini telah mengacu pada fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).

telah mengacu pada fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyatakan jika pemberian vaksin tak membatalkan puasa bagi umat muslim.

BACA JUGA: Dindik Jadikan Target Vaksinasi Kedua Syarat Sekolah di Kabupaten Tangerang Gelar PTM 100 Persen

“Sesuai fatwa MUI kita lakukan vaksinasi di siang hari, karena itu tidak membatalkan puasa bagi umat muslim. Kalau kita lakukan di malam harinya tidak akan efektif,” ucapnya.

Dengan ini Hendra mengajak kepada seluruh masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang untuk ikut serta menyukseskan program vaksinasi pemerintah, supaya nantinya aktivitas selama Ramadan dapat berjalan aman dan roda perekonomian juga akan terus membaik. 

BACA JUGA: 9 Anggota Polresta Tangerang dan 3 Pegawai Dinkes Terpapar COVID-19

“Kami mengajak segenap masyarakat untuk terus menyukseskan vaksinasi ini, supaya aktivitas dan roda perekonomian kita dapat kembali normal. Dan saya juga mengingatkan penerapan protokol kesehatan terus diutamakan,” jelasnya.

Dikatakan Hendra, dalam pemberian vaksin selama Ramadhan itu, pihaknya bekerjasama dengan segenap instansi dan fasilitas kesehatan yang ada, seperti TNI dan Polri, jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), swasta hingga komunitas dari elemen masyarakat sekitar. Kebetulan menurut Hendra sejak bulan lalu Pemkab Tangerang sudah mendapat tambahan dosis vaksin dari Provinsi. 

BACA JUGA: 31.601.868 Penduduk Indonesia Telah Divaksin Lengkap

“Dari mulai Puskesmas sampai gerai-gerai yang kita bangun semuanya itu sudah siap melayani vaksinasi booster ini. Kemudian kita juga dibantu oleh Polres dan Koramil dalam pemberian vaksin kepada masyarakat ini,” terangnya.

Diinformasikan juga olehnya sampai dengan saat ini untuk capaian vaksinasi di wilayahnya hingga Senin (28/3), sebanyak 2.245.367 jiwa telah menerima dosis tahap pertama atau mencapai 78,7 persen dari sasaran vaksin di wilayah Kabupaten Tangerang yakni sebanyak 2.851.583 orang. 

Selanjutnya, untuk cakupan dosis kedua telah menjangkau sebanyak 1.883.744 jiwa atau setara 64,3 persen dari total sasaran yang ada. Sedangkan capaian untuk dosis vaksin penguat antibodi (booster) baru sebanyak 284.694 orang atau 12,9 persen.(Derry/Hendra)

No More Posts Available.

No more pages to load.