Menteri Kominfo RI Minta Radio Perangi Hoaxs

oleh -
Menteri Kominfo Rudiantara mengukuhkan pengurus Persada.Id 2019-2023.

REDAKSI24.COM – Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara mengukuhkan Kepengurusan Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia (Persada.Id) periode 2019-2023, Rabu (28/8/2019).

Pengukuhan kepengurusan Persada.Id sudah melalui Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke I yang diselenggarakan di Hotel Atria, Gading Serpong, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten sejak Selasa (27/8/2019) kemarin,  dengan melibatkan seluruh pengurus radio dan televisi daerah yang ada di seluruh Indonesia.

Pengukuhan juga dihadiri 9 kepala daerah, diantaranya Bupati Magetan Jawa Timur Suprawoto, Bupati Indragiri Hilir Riau Muhammad Wardan,  Bupati Wonosobo Eko Purnomo, tak terkecuali Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar sebagai tuan rumah Mukernas Persada.Id.

Usai mengukuhkan, Rudiantara mengucapkan selamat bekerja kepada seluruh pengurus Persada.Id periode 2019-2023. Menurutnya, saat ini keberadaan media publik daerah, terutama radio tengah mendapatkan banyak tantangan di era digitalisasi.

BACA JUGA:

. Kabupaten Tangerang  Tuan Rumah Mukernas Persada.Id

. Peserta Munas Persada.Id Diajak ke KPK dan RRI

. Ada Pria Lumpuh di Cisoka, Dinsos Kabupaten Tangerang Ngaku Belum Terima Laporan

Ke depannya, kata dia, para pengurus media publik daerah, baik radio dan televisi, dapat membuat konten-konten yang bisa menjadi contoh, terutama dalam memberi informasi kepada masyarakat dan juga dapat mengklarifikasi informasi yang bersifat hoax.

“Lebih dari setengah kaum milenial itu kalau mendengarkan radio tidak pakai radio tapi menggunakan ponsel. Jadi tantangannya, bagaimana radio lokal bisa membuat konten-konten yang menarik,” tuturnya.

Ia juga berharap keberadaan para pengurus Persada.Id dapat memberikan kontribusi perihal perubahan Undang-Undang Penyiaran yang saat ini tengah dibahas di DPR RI. “kedepannya juga keberadaan Persada.Id bisa memberikan kontribusi terkait revisi undang-undang penyiaran,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar berharap hasil Mukernas pertama Persada.Id bisa menjadikan media radio televisi publik daerah bukan saja sebagai sebuah kearifan lokal, lebih dari itu harus mampu mengembangkan budaya lokal yang menjadi perekat bangsa, selain sebagai penyampai informasi dua arah.

“Kalau radio itu kan bisa konfirmasi langsung dengan penyiar, dua arah kepada masyarakat kepada pemerintah, mudah-mudahan juga bisa menjadi media untuk mendapatkan informasi yang jelas bagi masyarakat,” tandasnya. (Ricky/Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.