Menikmati Sensasi Belanja di Pasar Terapung Lok Baintan, Destinasi Wisata Ikonik Di Sungai Martapura

oleh -

KABUPATEN BANJAR, REDAKSI24.COM – Berbicara destinasi wisata di Provinsi Kalimantan Selatan tentunya kita tak akan bisa lepas dari wisata sunggai. Hal tersebut wajar saja karena banyak daerah di Kalsel yang wilayahnya terbelah oleh beberapa sungai seperti Martapura, Barito.

Sipandai, Sigaling, Keramat, Jagabaya, Pangeran, dan lain sebagainya. Dan salah satu destinasi yang cukup diminati di Provinsi Kalsel adalah Pasar Apung Lo Baintan yang berada di aliran sungai Martapura.

Untuk bisa mendatangi pasar yang berada di desa Lok Baintan, Kabupaten Banjar, para pelancong harus sudah minyiapkan diri sejak subuh atau sekitar pukul 5.00 WITA. Selain membutuhkan jarak tempuh yang cukup lama yakni sekitar 40 menit dengan menggunakan perahu klotok dari lokasi penyewaan kapal klotok di Warung Soto Banjar Bang Amat , pasar ini juga hanya beroperasi mulai pukul 06.00 hingga 9.30 WITA saja.

BACA JUGA:

Setahun Tsunami, Kunjungan Wisatawan ke Banten Hanya 20 Persen

Satu kapal klotok bisa disewa dengan harga Rp350 ribu yan bisa memuat 15 hingga 20 orang. Sambil membelah sungai Martapura dengan menggunakan kapal klotok ini, kita akan disajikan pemandangan berupa aktifitas keseharian warga yang tinggal dipinggiran sungai Martapura mulai dari memancing ikan, masak, mandi serta berbagai kegiatan lainnya.

Begitu kapal klotok tiba di pasar terapung Lok Baintan, para pedagang yang menggunakan perahu dayung langsung saling berlomba untuk merapat ke perahu klotok agar bisa menjajakan barang dagangannya. Perahu pedagang yang sangat banyak inilah yang mampu menampilkan pemandangan unik dan menawan. Disini juga para pelancong bisa menjajal naik perahu bareng pedagang yan cukup ikonik karena pernah dijadikan sebagai bag iklan dari salah satu stasiun televisi di Indonesia.

Adapun barang yang dijual oleh para pedagang di pasar terapung Lok Baintan ini berupa beragam sayuran, buah-buahan, makanan tradisional hingga suvenir. Bahkan sambil berbelanja kebutuhan atau untuk olh-oleh, dengan harga yang sangat terjangkau para pelancong juga bisa menikmati sajian kuliner seperti sate di atas perahu. (Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.