Mencemaskan, Ditemukan Limbah Medis Bercampur dengan Limbah Domestik di TPA Jatiwaringin

  • Whatsapp
Limbah medis di TPA Jatiwaringin
Sebagian limbah medis yang ditemukan di TPA Jaatiwaringin, Kabupaten Tangerang.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM–Mencemaskan, limbah medis ditemukan bercampur dengan limbah domestik di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatiwaringin, Desa Jatiwaringin, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.  Bahkan limbah medis tersebut berupa botol, jarum suntik, sarung tangan dan masker tersebut sudah sering ditemukan sejak beberapa bulan.

“Sudah hampir beberapa bulan ini, sampah seperti ini (limbah medis-red) berserakan di TPA Jatiwaringin,” kata salah seorang pemulung di TPA Jatiwaringin yang enggan disebutkan namanya ini. Selasa, (9/2/2021). 

Bacaan Lainnya

Walau tak mengetahui berasal darimana limbah medis tersebut, pemulung  tersebut menjelaskan jika limbah yang tergolong berbahaya tersebut dibuang dengan menggunakan truk besar saat tengah malam. “Setiap malam sampah seperti ini dibuang kesini. Saya melihat dump truk lah. Isinya ada jarum suntik, infusan, masker,” ungkapnya.

Hal yang sama juga diutarakan Sopir gerobak motor berinisial KT. Menurutnya, selain menumpuk di TPA Jatiwaringin, sampah medis tersebut berserakan di Jalan masuk TPA Jatiwaringin.

“Sampah medis yang berserakan di jalan masuk, saya ambil dan dibuang ke TPA,” singkatnya. 

Sementara itu Oji salah seorang warga Mauk mengaku khawatir dengan ditemukannya limbah medis di TPA Jatiwaringin. Menurut Oji tidak seharusnya limbah medis berada di TPA Jatiwaringin karena berpotensi membuat warga, pemulung termasuk petugas kebersihan disana terinfeksi penyakit berbahaya akibat terpapar limbah medis.

Untuk itu Oji meminta Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk lebih ketat mengawasi pembuangan sampah di TPA Jatiwaringin Karena sesuai peraturan MenLHK No. P.56/Menlhk-Setjen/2015 tahun 2015 mengatur tentang tata cara pengelolaan limbah B3 dari fasilitas pelayanan kesehatan, penanganan limbah infeksius dari fasilitas kesehatan harus ditangani secara khusus bukan dibuang begitu saja di TPA limbah domestik.

“Yang saya tahu sampah limbah B3 termasuk limbah medis harus ditangani secara khusus, bahkan petugasnya saja harus dilengkapi alat pelindung diri. Kok ini ditemukan di TPA Jatiwaringin,” pungkasnya.(Ade/Hendra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.