Membumikan “Konsepsi dan Gagasan Bung Karno” di Kalangan Milenial

oleh -
padepokan kebangsaan karang tumaritis umumkan pemenang lomba menulis bulan bung karno 2021
Pengasuh Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis (PKKT) Ananta Wahana (keempat dari kanan), bersama Panitia dan Dewan Juri Lomba Menulis dalam rangkaian memperingati “Bulan Bung Karno 2021”/Dok: PKKT.

TANGERANG, REDAKSI24.COM–Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis (PKKT) mengumumkan pemenang Lomba Menulis dalam rangkaian memperingati Bulan Bung Karno 2021, Selasa (17/8/2021).

Pengasuh Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis, Ananta Wahana menyampaikan, bahwa tujuan dilaksanakannya lomba menulis dengan mengusung tema “Konsepsi dan Gagasan Bung Karno” adalah untuk membumikan lagi ajaran-ajaran Bung Karno sebagai pendiri bangsa, sekaligus menggali dan mengaktualisasikan Pancasila di kalangan kaum milenial.

“Bung Karno adalah tokoh sejarah bangsa. Pikiran dan gagasan Bung Karno harus terus ditanamkan pada generasi penerus bangsa. Sehingga kaum milenial yang rentan disusupi paham-paham global dan paham radikal Anti-Pancasila itu, dapat mengenal dan mencintai tokoh bangsanya yaitu Bung Karno,” kata Ananta Wahana.

Karena itu, imbuh Ananta, dalam rangkaian peringatan Bulan Bung Karno 2021 ini, padepokan besutannya itu sebagai “dapur” pembentukan kader-kader nasionalis pancasilais mendorong kaum milenial untuk menggali konsepsi dan gagasan Bung Karno untuk kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan.

“Mereka (peserta lomba menulis) bisa memilih dari sisi ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan, dari gagasan dan pikiran Bung Karno, tokoh proklamator Putra Sang Fajar yang lahir 06 Juni 1901,” jelas Ananta, yang juga Anggota Komisi VI DPR RI tersebut.

Ananta Wahana juga mengucapkan selamat kepada para pemenang, dan berharap kegiatan lomba menulis ini bisa menjadi motivasi untuk lebih maju dengan karya-karya tulis yang inspiratif, dan bisa memberikan dampak yang positif kepada masyarakat secara luas.

“Dan untuk yang belum berhasil juara, jangan berhenti untuk berkarya. Karena masih banyak kesempatan untuk menjadi yang terbaik jika kita selalu optimis, berjuang dan terus belajar,” ucapnya.

 

Antusiasme tinggi

Sementara itu, Direktur Program Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis, Abraham Garuda Laksono menyebutkan, bahwa antusiasme masyarakat terhadap lomba menulis tersebut cukup besar.

Terbukti, peserta lomba yang mengirimkan karyanya banyak berasal dari berbagai daerah.

“Seperti dari Bandung, Surabaya, Minahasa (Sulawesi Utara), Boyolali, Bali, Sumatera, dan tentu dari wilayah Banten,” ungkapnya.

Abraham menjelaskan, bahwa lomba menulis tersebut dilaksanakan PKKT sejak 15 Juni hingga 15 Juli 2021, namun kemudian diperpanjang hingga 30 Juli 2021.

“Dan pemenangnya kami umumkan hari ini, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76,” ujar Abraham Garuda Laksono.

Menurut dia, pelaksanaan lomba sempat diperpanjang lantaran penyesuaian dengan kebijakan pemerintah pusat terkait pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk mencegah penularan Covid-19 yang tengah mengalami peningkatan.

Karena itu, imbuh dia, panitia memberikan kelonggaran waktu lebih panjang kepada peserta lomba menulis dari 15 Juli hingga 30 Juli, untuk kemudian dilakukan penilaian oleh para juri.

“Selain itu, juga karena ada beberapa panitia dan dewan juri yang sempat terpapar virus COVID-19, sehingga waktu lomba diperpanjang,” ujar Abraham Garuda Laksono.

 

Pemenang lomba

Adapun nama-nama peserta yang menjadi juara dalam Lomba Menulis tema “Konsepsi dan Gagasan Bung Karno” adalah:

Juara I, Clance Stedy Muluwere S.IP

Menado, Sulawesi Utara

Judul: “Marhaenisme Menjawab Jaman

 

Juara II, Dymar Tegar

Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

Mahawiswi Jurnalis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Judul: Bung Karno Sang Inspirator: Membuka Cakrawala dalam Membangun Beradanan

 

Juara III, I Dewa Gde Satrya Widiaduta

Dosen Fakultas Pariwisata, Universitas Ciputra Surabaya

Jalan Pakis Tirtosari II / 7 Surabaya.

Judul: Bung Karno Sang Jembatan Peradaban: Menjadi Tuan dan Nyonya yang Baik bagi Para Tamu

 

Juara Favorit: Fanda Puspita Sari

Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Politik Universitas Indonesia

Jakarta

Judul: “Sarinah-isme”

Untuk hadiah berupa uang akan ditransfer ke nomor rekening pemenang, sedangkan plakat dan buku tentang Bung Karno akan dikirim melalui jasa pengiriman ke alamat masing-masing pemenang.(Endang JP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.