Memasuki Musim Penghujan, Kodim 0603 Lebak Bentuk Tim Penanggulangan Bencana

  • Whatsapp
Kodim lebak
Kodim 0603 Lebak Bentuk Tim Penanggulangan Bencana.

KABUPATEN LEBAK, REDAKSI24.COM – Komando Distrik Militer (Kodim) 0603 Lebak membentuk tim khusus penanggulangan bencana. Tim yang berpusat di Makodim Lebak, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak itu dibentuk mengingat Kabupaten Lebak merupakan daerah yang masuk ke dalam zona rawan bencana seperti banjir dan longsor. 

Dandim 0603 Lebak Letnan Kolonel Inf. Nur Wahyudi mengatakan, dibentuknya tim tersebut merupakan bentuk sinergitas TNI dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam hal penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Lebak.

Bacaan Lainnya

Katanya, tim penanggulangan bencana tersebut terdiri dari Tim Mitigasi, Tim evakuasi, Tim Logistik, tim Penerangan atau Media, Tim  penghubung, Tim dan Peralatan. Setiap timnya terdiri dari 36 anggota TNI.

“Secara personil kami siap membantu dalam penanggulangan bencana,” jelas Dandim,Sabtu (24/10/2020).

BACA JUGA: Dandim 0603 Lebak Ajak Semua Elemen Masyarakat Tolak Paham Radikalisme

Dandim menuturkan, Tim penanggulangan bencana ini akan berpusat di Makodim Lebak. Nantinya tim tersebut akan disebar ke setiap daerah yang mengalami bencana. 

“ Kalau Tim evakuasi ini setiap Koramil punya, maka bila  terjadi bencana di wilayah Koramil tersebut, tentu tim evakuasi di koramil ini yang gerak duluan, setelah itu diperkuat dengan tim yang menjadi Organisasi Gulben Kodim,” tuturnya.

Dirinya berharap, dengan dibentuknya tim penanggulangan bencana ini, Kodim 0603 Lebak dapat berkontribusi kepada Pemda dalam hal penanggulangan bencana. Dirinya juga berpesan kepada setiap anggota yang tergabung ke dalam tim dapat lebih aktif lagi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

“ Dengan adanya bentukan tim ini, harapannya anggota yang masuk tim ini, dapat mengabdi lebih dari tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Sehingga penanggulangan bencana di Kabupaten Lebak dapat dilakukan secara maksimal,” pungkasnya.

BACA JUGA: 100 Prajurit TNI Dikerahkan Bantu Evakuasi Korban Banjir Bandang di Lebak

Untuk diketahui, wilayah Kabupaten Lebak akan mulai memasuki musim hujan pada awal sampai akhir Oktober 2020, dimana perkiraan dari BMKG musim penghujan kali ini diprediksi akan meningkat hingga 40% dari rata-rata normal sebagai akibat dari fenomena alam la nina.

Sebagai daerah dengan zona resiko tinggi untuk kawasan banjir dan tanah longsor, Pemda Lebak juga telah menggelar Apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana untuk melihat kesiapan personil dan kesiapan alat penunjang penanggulangan bencana, pada Jumat (23/10/2020) kemarin. (YUSUF/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.