Memasuki Masa Transisi PSBB ke New Normal, Grafik Pasien Covid-19 di Banten Masih Meningkat

  • Whatsapp
Gubernur Banten, Wahidin Halim.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Setelah pemberlakuan PSBB Tangerang Raya akan berakhir pada tanggal 14 Juni 2020, Pemprov Banten berencana akan memasuki fase new normal. Namun, dalam masa transisi itu, angka grafik penyebaran Covid-19 di Provinsi Banten masih terjadi kenaikan.

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) seusai rapat evaluasi kordinasi gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di Provinsi Banten Jumat sore, (5/6/2020) mengatakan, hingga saat ini masih terjadi peningkatan angka pasien Covid-19 di Provinsi Banten, namun angka penambahannya sudah mulai terkendali, tidak seperti sebelumnya.

Bacaan Lainnya

“Ini merupakan sebuah prestasi atas kerjasama semua stakeholder yang terlibat. Untuk itu saya ucapkan terima kasih,” katanya.

WH mengimbau, dalam masa transisi ini dirinya meminta masyarakat agar tetap menjaga pola hidup sehat sesuai dengan standar protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran Covid-19. Selain itu, dirinya juga menyoroti terkait perubahan warna dalam perkembangan grafik penyebaran Covid-19 di wilayah Kota Serang yang berubah menjadi warna oranye, yang diakibatkan dari meningkatkan aktivitas masyarakat menjelang dan pada saat lebaran I’dul Fitri kemarin.

“Untuk kembali ke zona hijau, harus ada kerjasama semua unsur, terutama masyarakat setempat yang harus lebih tertib lagi. Apalagi sekarang kita sedang melihat perkembangan untuk memasuki fase new normal,” ujarnya.

WH menambahkan, setidaknya ada empat komponen yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan memasuki fase new normal, seperti kondisi real di masyarakat, konsepnya seperti apa, simulasi dan sosialisasi. ” Sapaat ini kita sedang mencoba mempersiapkan untuk masuk kepada masa transisi,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan, berdasarkan hasil analisa perkembangan pasien Covid-19 di Provinsi Banten, hingga saat ini masih terjadi kenaikan.

Untuk kenaikan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) mengalami peningkatan dengan total 34 pasien, dengan rincian 14 orang masih dirawat, 17 orang dinyatakan sembuh dan 1 orang dinyatakan meninggal.

Sedangkan untuk pasien yang terkonfirmasi mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik, yakni yang dinyatakan sembuh sebanyak 41 orang, masih dirawat mengalami penurunan sebanyak dua orang dan yang dinyatakan meninggal satu orang.

” Sedangkan hasil Rapid Tes massal kemarin di Kota Serang, ditemukan lima orang yang reaktif dari total spesimen sebanyak 771 orang. Bagi yang reaktif kami himbau untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing dengan pengawasan dari tenaga kesehatan,” jelasnya. (Luthfi/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.