Melalui LBH UMT, Komite Sekolah SMAN 30 Kabupaten Tangerang   Resmi Gugat Kepala Sekolahnya Ke PTUN Serang 

oleh -
Komite Sekolah SMAN 30 Kabupaten Tangerang
Komite Sekolah SMAN 30 Kabupaten Tangerang saat mendatangi kantor LBH UMT.

KABUPATEN TANGERANG,REDAKSI24.COM–Melalui kuasa hukumnya LBH UMT, Komite Sekolah SMAN 30 Kabupaten Tangerang resmi mendaftarkan gugatannya ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Serang, Rabu (10/3/2021). Surat dengan nomor 12/G/2021/PTUN SRG tersebut dilayangkan untuk menggugat keputusan kepala sekolah yang dianggap telah melanggar Permendikbud no 75 tahun 2016 tentang Komite Sekolah dengan memberhentikan sepihak komite sekolah SMAN 30 Kabupaten Tangerang.

Direktur LBH UMT Gufroni, SH.MH. menjelaskan, gugatan ke PTUN Serang ini dilayangkan setelah upaya persuasif yang dilakukannya tidak mendapatkan respon dari pihak kepala  sekolah SMAN 30 Kabupaten Tangerang. 

“Kami sudah melayangkan surat somasi beberapa kali, bahkan tim kami pun sudah mendatangi langsung sekolah namun upaya persuasif kami tidak mendapatkan respon dari pihak sekolah,” ujar Gufroni.

Menurut dengan adanya gugatan tersebut pihaknya berharap hakim pengadilan PTUN mengabulkan permohonannya agar kepala sekolah mencabut keputusannya serta memperbaiki nama baik seluruh Komite Sekolah SMAN 30 Kabupaten Tangerang yang diberhentikannya.

“Gugatan ini diajukan bukan karena jabatan, gugatan ini dilayangkan untuk mengembalikan nama baik klien kami,” jelasnya.

BACA JUGA: Terkait Pemecatan Sepihak Komite Sekolah SMAN 30 Kabupaten Tangerang, Pengamat Pendidikan: Ini Preseden Buruk Dunia Pendidikan di Banten

Sebelumnya Ketua Komite Sekolah SMAN 30 Kabupaten Tangerang  H.Durahman mengatakan upaya hukum ini juga dilakukan bukan semata-mata ingin mempertahankan jabatan sebagai Komite Sekolah tetapi para pengurus ingin memulihkan nama baik mereka. Karena menurut H. Durahman, sesuai aturan yang tercantum dalam Permendikbud no 75 tahun 2016, pasal 8 angka 1 dijelaskan bahwa masa jabatan keanggotaan Komite Sekolah paling lama 3 (tiga) tahun dan dapat dipilih kembali untuk 1 (satu) kali masa jabatan. Dan di Pasal 8 angka 2 dijelaskan bahwa dengan gamblang  jika hanya ada 4 alasan keanggotan Komite Sekolah berakhir, yakni mengundurkan diri, meninggal dunia, tidak dapat melaksanakan tugas karena berhalangan tetap dan atau dijatuhi pidana karena melakukan tindak pidana kejahatan berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

“Dari situ saja jelas, saya selaku Ketua Komite beserta jajaran Komite tidak melakukan ke 4 unsur alasan berakhirnya keanggotan. Jadi tidak seharusnya ada penggantian struktur komite. Jika kami berdiam diri maka kami termasuk di antara alasan-alasan yang dapat memberhentikan jabatan komite sekolah,” tegas.H. Durahman.   

Sementara itu saat hal ini akan dikonfirmasi kepada Kepala Sekolah SMAN 30 Jajang Suhayat, Dirinya masih enggan untuk memberikan keterangan terkait adanya gugatan kepada dirinya di PTUN Serang. MMelalui pesan Whatsaap Jajang meminta Redaksi.24.com untuk datang ke sekolah pada Senin (15/3/2021) nanti.

“Datang aja ke sekolah hari Senin,” singkat Jajang.(Hendra)