Masyarakat Banten Diminta Sabar Atas Penghentian Umroh ke Arab Saudi

  • Whatsapp
Umroh
Ilustrasi travel umroh- istimewa.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Banten mengimbau kepada calon jemaah umroh untuk bersabar. Hal itu menyusul maklumat yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Kerajaan Arab Saudi yang menghentikan sementara kunjungan Warga Negara Asing (WNA) ke Arab Saudi dalam rangka ibadah umroh dan ziarah Masjid Nabawi.

Berdasrkan infromasi yang dihimpun, Kedutaan Besar Indonesia di Riyadh, Arab Saudi mengeluarkan presss rilis dengan Nomor : 014/PEN/II/2020 terkait maklumat yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi, Kamis (27/2/2020) sekitar pukul 02.40 waktu setempat, penghentikan sementara WNA masuk ke Kerajaan Arab Saudi dalam rangka ibadah Umroh dan ziarah Mesjid Nabawi.

Bacaan Lainnya

Hal itu dilakukan dalam rangka mendukung upaya menghentikan penyebaran, pengendalian dan pemusnahan virus Corona (COVID-19), serta melakukan perlindungan yang maksimal terhadap keamanan warga negara, penduduk dan siapapun yang berencana datang ke wilayah Kerajaan Arab Saudi untuk melakukan ibadah Umroh dan ziarah Masjid Nabawi, atau kunjungan wisata. Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memutuskan melakukan langkah proaktif guna menangkal masuk dan menyebarnya virus Corona (COVID-19) ke wilayah Kerajaan Arab Saudi.

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menegaskan langkah-langkah tersebut diatas adalah sementara, dan penerapannya akan selalu dievaluasi lembaga-lembaga kompeten yang terkait.

Kepala Kanwil Kemenag Banten, Bazari Syam meminta semua masyarakat Banten untuk memaklumi kebjakan peemrintah Arab Saudi. Ia mengungkapkan, maklumat yang dikeluarkan bukan melarang namun menghentikan sementara perjalanan ibadah umroh.

“Diharapkan semua masyarakat Banten untuk memaklumi kebijakan pemerintah arab saudi, bukan dilarang berumroh tetapi untuk sementara dihentikan dulu, tetap bersabar mudah-mudahan semuanya untuk kebaikan dan kenyamanan semua orang. Pasti saatnya akan diberikan kesempatan  berangkat lagi,” kata Bazari saat dihubungi melalui pesan singkat, kemarin.

Ia juga meminta kepada seluruh travel umroh dan haji di Banten untuk menyempaikan terkait maklumat tersebut kepada para jemaah calon umroh. “Tidak ada yang ditutup-tutupi dan menjadi jelas adanya,” ujarnya.

BACA JUGA:

. Larangan Umroh Ke Arab Saudi Secara Mendadak, Membuat Pihak Travel Merugi

. Diduga Corona, Jamaah Umroh Asal Lampung Tiba-Tiba Terkapar Meninggal di Bandara Soetta

. Ribuan Orang Calon Jamaah Umroh Terdampar di Bandara Soetta

Sementara, Kasi Pendaftaran dan Dokumen Haji Reguler Kemenag Banten, Saiko membenarkan adanya infromasi penghentian sementara pengiriman jemaah umroh dari pemerintah Arab Saudi.

Iko menilai, maklumat penghentian pengiriman jemaah calon umroh bersifat sementara. Hal itu dilakukan dalam menangkal penyebaran virus corona yang beberap waktu lalu dikabarkan telah menyebar ke Timur Tengah.

“Kalau nggak salah Irak atau Iran itu sudah terpapar. Maka itu, Arab Saudi antisipasi jemaah umrtoh dari luar Arab Saudi distop dulu,” ujarnya.

Saat ditanya kemungkinan larangan dicabut pemerintah Arab Saudi, Iko mengaku belum mendapat info lebih lanjut. Begitu pula terkait himbauan dari Kanwil Kemenag Banten terhadap travel-travel umroh di Banten.

“Soal itu kemungkinan ada, tapi nggak tahu kapan. Soal himbauan juga belum ada info lebih lanjut. Itu informasi sementara yang bisa saya kasih. Lihat besok bagaimana,” katanya.(Luthfi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.