Masih Di Bawah UMK, Pegawai Honorer Pemkot Tangsel Minta Kesetaraan Upah

  • Whatsapp
UMK, Pegawai Honorer
Ilustrasi UMK Pegawai Honorer

TANGERANG SELATAN, REDAKSI24.COM—Sekretaris Forum Honorer Kota Tangsel, Abdul Aziz mengatakan jika saat ini gaji pegawai honorer di Kota Tangeran Selatan (Tangsel) masih jauh di bawah Upah Minimum Kota (UMK) 2019 yang sebesar Rp3,841 juta. Bahkan menurut Azis besaran upah untuk pegawai honorer dengan tingkat pendidikan terakhir SMA, kurang dari setengah UMK.

“Pendapatan pegawai honorer di Kota Tangerang Selatan masih jauh dari UMK. Sekarang lulusan SMA hanya Rp 1,7 sampai Rp 2 juta, sedangkan lulusan S1 Rp 2,2 sampai Rp 2,5 juta,” papar Azis.

Bacaan Lainnya

Untuk itu Aziz meminta Pemkot Tangsel menyetarakan upah pegawai honorer dengan UMK yang ditetapkan.  Terlebih menurut Azis dirinya meyakini jika peran pegawai honorer sangat penting di dalam suatu institusi.

“Tuntutan kita bukan tuntutan yang menuntut secara gaji buta, kita kebijakan saja dari pimpinan untuk disamakan dengan UMK,” ujar Azis.

BACA JUGA:

Forum Honorer Tangsel Minta Jatah 60 Persen Formasi CASN 2019

Pemkot Tangsel Tegaskan Tak Ada Prioritas Bagi Pegawai Honorer di CASN 2109

Dewan Minta Upah Guru Honorer Di Banten Harus Terus Ditingkatkan

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Tangerang Selatan, Warman, menerangkan tentunya Pemkot Tangsel ingin memberikan yang terbaik bagi para pegawainya termasuk pegawai honorer. Hanya saja untuk kenaikan gaji honorer harus mempertimbangkan banyak faktor.

“Mengenai gaji ini bukan perusahaan, ini pemerintahan yang pelayanannya kepada masyarakat yang menyesuaikan Anjab ABK (Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja),” ungkap Warman.

Warman menambahkan, gaji pegawai honorer itu berdasarkan pada kemampuan daerah dan disesuaikan dengan tingkat pendidikan terakhirnya.

“Untuk setiap orang di Tangsel bisa hampir sama, sekitar Rp2,3 juta sampai Rp3 juta,” paparnya.(Hendra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.