Masa Libur Panjang Wisatawan Yang Datang Ke Baduy Diminta Pulang

  • Whatsapp
Wisatawan dilarang masuk ke Baduy.

KABUPATEN LEBAK, REDAKSI24.COM– Pada masa libur panjang akhir Oktober 2020 ini, wisatawan dari dalam dan luar Banten banyak yang berkunjung ke wilayah Suku Adat Baduy. Akibatnya  kehadiran mereka tidak diperkenankan dan diminta untuk pulang

Berdasarkan pantauan di lokasi pada Kamis (29/10/2020), tim Satgas Covid-19 yang terdiri dari unsur Muspika Kecamatan dan Desa serta TNI-POLRI melakukan penjagaan ketat terhadap wilayah suku adat Baduy. 

Bacaan Lainnya

Mereka meminta kepada wisatawan yang akan berkunjung ke Suku Adat Baduy agar tidak mengunjungi daerah tersebut, mengingat selama pelaksanaan PSBB jilid II yang berlangsung sejak 21 Oktober hingga 19 November mendatang seluruh destinasi wisata di Lebak tutup. 

“Desa Kanekes ini sudah tutup sejak adanya Pandemi Covid-19, dan dengan diberlakukannya PSBB dari Pemerintah Daerah (Pemda) maka Baduy kembali ditutup sementara hingga tanggal 20 november nanti,” kata Kepala Desa Kanekes, Jaro Saija kepada Redaksi24.com, Kamis (29/10/2020).

BACA JUGA: Suku Adat Baduy Kembali Menutup Diri Bagi Masyarakat Luar

Jaro Saija mengatakan, tujuan ditutupnya sementara wilayah adat Baduy dari kunjungan para wisatawan adalah untuk melindungi masyarakat Baduy dari sebaran virus Covid-19. 

Dirinya berharap, para wisatawan dapat mematuhi peraturan baik dari Pemda Lebak, ataupun peraturan dan adat yang berlaku di wilayah Adat Baduy. “Kami harap para wisatawan dapat menaati peraturan yang berlaku di wilayah adat ini,” katanya.

Sementara itu, Camat Leuwidamar Agus memastikan wilayah suku adat Baduy, dan  seluruh destinasi wisata di wilayah Kecamatan Leuwidamar tutup sementara selama masa PSBB berlaku pada 21 Oktober hingga 19 November 2020.

BACA JUGA: Dampak Covid-19, Sektor UKM di Baduy Lesu

“Sesuai dengan arahan dari Gubernur Banten, dan Bupati Lebak bahwa seluruh destinasi di Kabupaten Lebak termasuk Kecamatan Leuwidamar tutup sementara. Kami harap para wisatawan dapat bersabar, dan mengikuti ketentuan yang berlaku,” pungkasnya. (YUSUF/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.