Marger dengan Bank Syariah Dinilai Lebih Untungkan Bank Banten

  • Whatsapp
bank banten
Pemerhati Perbankan Banten menilai merger dengan bank syaraiah akan menguntungkan Bank Banten.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Pemprov Banten diharapkan lebih memilih bank syariah daripada bank konvensional dalam melakukan rencana marger Bank Banten. Sebab, marger dengan bank syariah dinilai lebih menguntungkan.

Demikian dikatakan Praktisi Perbankan, Rizkullah beberapa waktu lalu. Mantan Direktur Utama (Dirut) BNI Syariah itu mengatakan, di perbankan syariah mempunyai sistem lebih mudah dan tidak terlalu kaku dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Keringanan ini bisa menjadi poin tambahan yang akan pertimbangkan oleh Pemprov Banten.

Bacaan Lainnya

“Dengan kondisi Bank Banten yang penuh dengan keterbatasan, maka opsi bank syariah ini bisa menjadi pertimbangan untuk menyelamatkan usaha BPD ini,” ujarnya.

Selain itu, lanjut pengurus Perkumpulan Urang Banten (PUB) itu, cosh yang akan dikeluarkan jika memilih bank syariah akan lebih murah. Opsi pemilihan bank syariah ini sebenarnya ketika akan mengakuisi Bank Pundi juga sudah dipertimbangkan, namun Pemprov Banten lebih memilih Bank Pundi yang kala itu kondisinya sedang tidak sehat.

“Padahal konsep syariah sangat cocok dengan kultur masyarakat Banten yang religius. Opsi menjadikan Bank Banten sebagai bank syariah sesuai dengan visi dan misi Banten yang akhlakul karimah, iman dan taqwa. Jadi kenapa tidak Banten mempunyai bank syariah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Departemen Pengawasan Bank I OJK, Hizbullah menuturkan, penentuan marger dengan bank syariah atau konvensional itu diserahkan kepada kedua kepala daerah, berdasarkan hasil kesepakatan due diligency.

Menurutnya, kedua kepala daerah tentu mempunyai pertimbangan masing-masing terkait pilihan yang akan ditentukan, karena mereka pemiliknya. “Posisi OJK hanya menunggu persetujuan dari keduanya saja,” katanya. (Luthfi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.