Mang Obe Seniman Asal Bandung Sulap Batu Kali Jadi Karya Seni

oleh -

REDAKSI24.COM—Jika kebanyakan batu kali hanya dikenal sebagai bahan pelengkap material bangunan atau bagi orang yang anarkis dijadikan sebagai alat untuk menyerang seperti yang terjadi pada kasus kerusuhan 22 Mei 2019 lalu, namun tidak ditangan seniman asal Bandung mang Obe (45). Ditangan Mang Obe, batu kali yang kurang bernilai bisa ‘dimulyakan’ jadi media lukis sehingga menjelma menjadi media seni yang indah sehingga bernilai jual tinggi.

“Ayo kita mulyakan batu, biar ngga dipake ‘maledogan’ (melempari-red),“ canda Mang obe, Minggu (16/6/2019).

Hasil karya Mang Obe pun terlihat sangat ciamik, dimana dengan tekstur dan bentuk batu kali yang beragam dirubah menjadi karya seni rupa tiga dimensi contohnya adalah lukisan ikan Koi yang dibuatnya tampak seolah hidup dan berenang di atas permukaan batu. Tak heran saat ini karya-karya Mang Obe sudah dikoleksi sejumlah orang.

“Alhamdulilah saat ini saya sedang sibuk mengerjakan sejumlah karya pesanan,” ujar Mang obe.

Menurut Mang Obe, menggeluti rock painting (istilah untuk bidang seni yang digelutinya) tidaklah terlalu sulit. Cukup bermodalkan cat akrilik, drawing pen, dan kuas super kecil, setiap orang bisa berkarya di atas batu. Namun menurutnya, media karya rock painting tidak hanya menggunakan batu kali. Batu pipih yang biasa digunakan sebagai dinding maupun ubin pun pernah digunakannya, tetapi sangat ringkih ketika jatuh.

“Di Indonesia tampaknya belum banyak yang menggeluti seni ini. Padahal batu begitu melimpah,” ungkapnya.
Mang Obe mengaku dirinya mampu mengerjakan 4 buah batu dalam satu hari. Namun hal tersebut tentunya tergantung dari tingkat kesulitan dan detail yang diinginkan pemesan.

Saat ditanya berpa harga untuksetiap karya seninya, Mang Obe mengaku masih belum mampu menentukan harga yang tepat. Namun Mang Obe mengaku biasanya ia baru menerima pesanan atau menjual karyanya pada kisaran Rp300 ribu.

“Suka bingung, kalau ditanya harga. Murah tidak sesuai dengan tingkat pengerjaannya. Terlalu mahal juga tidak baik untuk kesehatan saku,”ujarnya sambil tersenyum.

Menurut Mang Obe saat ini dirinya lebih menyukai membuat lukisan ikan pada batu kali. Hal tersebut karena menurutnya ikan sangat memiliki karakter yang tepat dengan batu kali.

“Pemesan juga banyak yang memiliki keyakinan dengan Feng Shui, maka biasanya yang dipesan adalah gambar ikan Koi,” jelas Mang Obe.

Mang Obe bermimpi kedepan dirinya bisa membuat pameran karya rock painting. Namun yang terpenting saat ini, seni rock painting yang dibuatnya mampu menyapa masyarakat.

“Yang penting bagi saya mah saat ini bisa memuliakan batu. Bukan jadi senjata melukai orang. Saya ingin batu ini bisa memberi rasa ketenangan dan ketentraman bagi yang melihatnya” pungkasnya. (Markus/Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *