Mahasiswa Desak Gubernur Banten Tolak Proyek Geothermal

  • Whatsapp
Mahasiswa demo geothermal
Mahasiswa berbagai elemen organisasi berunjukrasa pada peringatan HUT Banten ke 19 tahun.

SERANG, REDAKSI24.COM – Ratusan mahasiswa dari berbagai elemen organisasi menggelar aksi unjukrasa di depan Gedung DPRD Provinsi Banten, saat tengah dilaksanakannya paripurna HUT Banten ke 19 tahun.

Mahasiswa menuntut Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Wahidin Halim dan Andika Hazrumy menepati janjinya. Pasangan Wahidin dan Andika dinilai belum memenuhi janjinya untuk rakyat Banten.

Bacaan Lainnya

Menurut mahasiswa, salah satu janji yang belum ditepati pasangan Wahidin-Andika mengenai polemik proyek geothermal pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTPB) yang dinilai bakal merusak lingkungan di Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang.

BACA JUGA:

Bupati Serang Diminta Gunakan Hak Otda untuk Tolak Proyek Geothermal

Pejabat Kementerian ESDM Didesak Teken Penolakan Proyek Geothermal

Soal Proyek Geothermal, Warga Padarincang Serang Terbelah Dua

Hingga kini, gubernur maupun wakil gubernur belum merespon pro kontra proyek geothermal itu. Padahal Kementerian ESDM RI dan Pemprov Banten sudah menandatangani surat pernyataan adanya penolakan warga terhadap proyek geothermal.

“September lalu sudah ditandatangani. Di HUT Banten ini seharusnya gubernur memberikan hadiah untuk rakyat Padarincang agar PLTPB hengkang selamanya,” ujar salah satu mahasiswa pengunjukrasa, Jejen disela aksi, Jumat (4/10/2019).

Menurut Jejen, Gunung Prakasa harus dikembalikan sebagai hutan lindung. Seluruh elit politik di Banten, kata dia, juga  harus mendukung rakyat Padarincang yang tengah berjuang menolak proyek PLTPB selama tiga tahun lamanya.

“Ini tanah kelahiran kami, jangan sampai dirusak dengan tangan-tangan jahat. Pemprov Banten harus berani katakan tolak proyek geothermal,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan, ratusan mahasiswa bertahan di depan Gerbang Gedung DPRD Banten kawasan Pusat Pemerintahan Provinsio Banten, di Kota Serang. Mereka mendesak untuk bertemu Gubernur Banten Wahidin Halim yang tengah berada di dalam. Aksi unjukrasa tersebut mendapat penjagaan ketat aparat Polres Serang dan Polda Banten.(Adi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.