Mahasiswa Desak DPRD Lebak Bentuk Pansus Anggaran Covid-19

  • Whatsapp
anggaran covid-19
Sejumlah aktivis mahasiswa mnggelar aksi unjukrasa di depan DPRD Kabupaten Lebak mendesak dewan membentuk pansus angagran Covid-19.

LEBAK, REDAKSI24.COM – Sejumlah Mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Lebak (Kumala) Perwakilan Rangkasbitung, mendesak DPRD Kabupaten Lebak segera membentuk Panitia Khusus (Pansus) anggaran penanganan Covid-19.

Ketua Kumala Perwakilan Rangkasbitung, Eza Yayang Firdaus mengatakan, Pansus perlu dibentuk untuk memastikan anggaran penanganan Covid-19 di Kabupaten Lebak yang nilainya cukup fantastis hingga Rp160,35 Milliar bisa tepat sasaran.

Bacaan Lainnya

“Nilainya sangat luar biasa dan rentan penyelewengan jika semua pihak tidak ikut mengawasi secara ketat. Kami meminta legislatif untuk aktif mengawasi anggaran covid-19. Jangan hanya karena alasan kemanusiaan akhirnya semua loggar untuk mengawasi penggunaan anggaran tersebut,” kata Eza kepada Redaksi24.com, Kamis (7/5/2020).

Pihaknya juga meminta Pemkab Lebak transparan dalam pengelolaan dana yang ditunjukkan untuk antisipasi dan penanganan dampak ekonomi, dan penyediaan jaring pengaman sosial (JPS) bagi warga yang terdampak Covid-19.

“Kumala memastikan secara kelembagaan untuk turut mengawasi realisasi anggaran yang covid-19 di lapangan. Kami juga meminta keterlibatan Kejaksaan, KPK, dan pihak lainnya dalam mengawasi bantuan kemanusiaan ini,” tutur Eza.

Ketua BPK Kumala, Erwin Salfa Riansi menambahkan, salah satu indikasi pemerintahan yang baik (good goverment) ditandai dengan adanya partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakatnya.

“Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) 101 tahun 2000, pemerintah yang baik adalah mengembangkan dan menerapkan prinsip profesionalitas, akuntabilitas, transparansi, pelayanan prima, demokrasi, efisiensi, efektifitas, supremasi hukum dan dapat diterima seluruh masyarakat,” kata Erwin yang juga Akademisi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) itu.(YuSuf/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.