Lomba Selancar Meriahkan Festival Carita di Pandeglang

oleh -
Peserta lomba selancar paa Festival Carita menarik perhatian pengunjung Pantai Carita Pandeglang, Banten.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Festival Carita di Kabupaten Pandeglang, Banten berlamgsung semarak, Sabtu (14/9/2019). Berbagai perlombaan meramaikan festival yang dimaksudkan untuk membangkitkan kembali wisata pantai pasca tsunami beberapa waktu tersebut.

Salah satu yang menarik pengunjung festival adalah lomba selancar yang diikuti puluhan peserta. Selain lomba selancar, sejumlah perlombaan lainnya juga turut meriahkan festival, mulai lomba mewarnai tingkat TK, panjat pohon bambu serta berbagai kegiatan lainnya.

Peserta lomba selancar Festival Carita bersiap mengikuti lomba.

Kabid Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang, Banten, Toto Saepul Mustopa  mengatakan, Festival Carita merupakan upaya recovery atau pemulihan pariwisata pantai di Pandeglang pasca bencana tsunami tahun lalu.

Sebab, kata dia, objek wisata, khususnya pantai di Pandeglang khususnya, dan Banten pada umumnya saat ini belum pulih pasca disapu tsunami beberapa waktu lalu. Pasca tsunami pariwisata di Pandeglang belum sepenuhnya normal.

“Pengunjung wisata baru dikisaran 40 sampai 50 persen, maka dari itulah festival yang digelar ini sebagai upaya pemulihan wisata,” ungkap Toto pada acara Festival Carita di Pantai Lombok, Desa Sukajadi, Kecamatan Carita, Pandeglang, Banten, Sabtu (14/9/2019).

Lanjut Toto, upaya pemulihan pariwisata hingga saat ini masih terua dilakukan, baik oleh pemerintah maupun pengelola wisata. Toto mengakui butuh waktu yang cukup lama untuk memulihkan kembali wisata pantai di Banten, khususnya Pandeglang.

“Pemulihan harus terus dilakukan, sampai objek wisata di Pandeglang benar-benar normal. Karena hingga saat ini tingkat kunjungan wisata masih rendah,” katanya.

Diharapkannya, Festival Carita mampu mendongkrak kembali kunjungan wisatawan ke kawasan Carita. Dia memastikan kawasan Carita sudah aman dan wisatawan tidak perlu lagi takut untuk berlibur ke objek wisata PantaiCarita.

“Intinya kami akan terus berupaya untuk memulihkan objek wisata pasca tsunami. Supaya pariwisata benar-benar normal kembali,” harapnya.

BACA JUGA:

. Festival Carita Diyakini Bisa Pulihkan Wisata Pantai Pasca Tsunami

. Menikmati Pesona Laut Carita dari Rumah Pohon Tahura Pandeglang

. Diterpa Isu Gempa Tsunami, Wisata Kuliner Batako Pandeglang Sepi

Di tempat yang sama, seorang panitia penyelenggara Festival Carita, Franky mengatakan, ada beberapa kegiatan yang dilakukan dalam Festival Carita tersebut. Mulai dari karnaval, lomba mewarnai, selancar, panjat pohon bambu, konser musik, penanaman trumbu karangan dan kegiatan lainnya.

“Acara ini akan berlangsung sampai besok. Karena akan banyak kegiatan yang dilakukan dala,” tandasnya. (Samsul/Difa)