Loket Pembayaran di Lebak Gelapkan Tagihan Pelanggan, PLN Harus Tanggung Jawab

  • Whatsapp
Loket pembayaran listrik di Lebak
Anggota Komisi VI DPR RI, Ananta Wahana.

JAKARTA, REDAKSI24.COM – Anggota Komisi VI DPR RI, Ananta Wahana, meminta Perusahaan Listrik Negara (PT PLN Persero) terjun langsung menyelesaikan masalah penggelapan yang terjadi di Loket Windi di Jalan Patih Derus, Kelurahan Muara Ciujung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Banten.

Loket pembayaran tagihan listrik tersebut diduga menggelapkan uang tagihan pelanggan, dengan tidak disetorkan kepada PLN.

Bacaan Lainnya

“Kami mendapatkan aduan dari pelanggan PLN di Rangkasbitung, Banten, yang dipicu oleh kios atau loket pembayaran PLN yang disinyalir melakukan penggelapan tagihan listrik dan menurut kami, pihak PLN harus terjun langsung guna menyelesaikan permasalahan tersebut,” kata Ananta saat dihubungi Redaksi24.com, Kamis (25/6/2020).

Menurut Ananta, walaupun dirinya menyadari kalau loket pembayaran tersebut bukan merupakan bagian langsung dari PLN akan tetapi, bagaimanapun juga PLN harus bertanggung jawab.

“Walaupun loket pembayaran tersebut bukan merupakan bagian langsung dari PLN akan tetapi, karena itu menggunakan nama PLN dan terkait dengan pembayaran PLN, maka PLN harus bertanggung jawab. Walaupun secara teknis itu merupakan wilayah PLN setempat, tetapi PLN pusat harus bertanggung jawab,” ujar Politikus dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

BACA JUGA: Sedikitnya 80 Pelanggan Yang Pembayaran Rekeningnya Digelapkan Datangi PLN Rangkasbitung

Pria berusia 54 tahun tersebut menyampaikan, kalau hal seperti ini tidak mendapatkan respon dari PLN setempat dan sampai di publish ke media, maka PLN pusat selaku institusi yang lebih tinggi harus ikut menyelesaikan. Apabila permasalahan ini sampai dibiarkan berlarut-larut, maka akan mencoreng citra PLN yang saat ini tidak begitu bagus di mata masyarakat.

“Saat ini citra PLN tidak begitu bagus di mata masyarakat dan saat ini juga banyak sekali keluhan-keluhan yang terjadi terhadap PLN, mau tidak mau PLN harus terjun langsung menyelesaikan permasalahan yang ada,” ujar Ananta.

BACA JUGA: Warga Lebak Keluhkan Tagihan Listrik Yang Melonjak Hingga Ratusan Ribu Rupiah

Ananta mengimbau agar PLN lebih proaktif lagi kepada masyarakat, agar kasus-kasus kecil yang bisa ditangani dapat memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap PLN. Jangan sampai dikarenakan permasalahan tersebut terkait dengan PLN dan saat ini masyarakat sedang tidak percaya dengan PLN karena banyak kasus yang terjadi, akhirnya dapat memperburuk citra PLN di masyarakat.

“PLN harus proaktif kepada masyarakat dan tidak boleh berbicara kepada masyarakat bahwa yang melakukan penggelapan tersebut bukan dari pihak PLN. Dikarenakan, loket pembayaran tersebut mengatasnamakan loket pembayaran PLN. Jangan sampai, dikarenakan permasalahan tersebut dan saat ini masyarakat sedang tidak percaya kepada PLN karena banyak kasus yang terjadi, akhirnya dapat memperburuk lagi citra PLN di masyarakat,” pungkas Ananta. (Agung/Aan).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.