Lokasi Dinyatakan Kurang Layak, Puskesmas Cipeundey Butuh Relokasi

oleh -
Puskemas Cipeundeuy Lebak

REDAKSI24.COM—Berdasarkan survei akreditasi tahun 2018, mengemukakan jika Puskesmas Cipeundey yang berada di Jalan Raya Malingping-Saketi KM 9, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Propinsi Banten kurang layak. Kondisi kurang layak tersebut bukan karena kurang  pelayanan yang kurang memadai, tetapi dilihat dari kondisi tempat yang kurang startegis, mengingat posisinya yang berada di belokan jalan, juga kondisi lahan parkir yang sempit.

Selain itu posisi puskemas yang wilayah kerja melayani enam Desa diantaranya, Desa Rahong, Desa Sanghiang, Desa Bolang, Desa Sumberwaras, Desa Cipeundey serta Desa Senanghati, namun saat ini letak puskesmas tersebut berada diujung wilayah kerja di Desa Cipeundey. Sehingga masyarakat Desa Rahong, Desa Sanghiang serta Desa Bolang mengeluhkan jarak yang cukup jauh.

Pihak Puskesmas sendiri sudah melaporkan hal ini kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak untuk mengajukan relokasi. Namun hingga saat ini belum ada jawaban pasti terkait relokasi tersebut.

Denny ferdinan selaku Pelaksana TU Puskesmas Cipeundey mengatakan, puskesmas ini berada di ujung wilayah kerja, sehingga sebagian masyarakat baik umum maupun BPJS selalu mengeluhkan jarak, terutama untuk pasien yang BPJS Faskesnya di wilayah kerja Puskesmas Cipeundey, jika berobat ke luar wilayah kerja akan menjadi umum.

”Semoga saja sebelum RAK 2021 sudah relokasi ke tempat yang lebih startegis,” harap Agus.

Sementara itu M. Arifudin selaku Kepala Puskesmas Cipeundey menuturkan, dirinya tidak paham tentang kelayakan Puskesmas yang akan digunakan dan masih menggunakan Puskesmas yang lama, tidak ada rencana untuk pindah.

“Cuma kita sudah mengusulkan relokasi ketempat yang layak, karena yang sekarang sudah tidak sesuai dengan Permenkes 75 tahun 2014, terkait tempat parkir dan apel, serta ruang tunggu pasien yang minimalis,” tuturnya. (Gel/Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.