Loka POM Bantu Pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang Kemudahan Izin Edar

oleh -
loka POM Kabupaten Tangerang, UMKM, izin usaha, izin edar, ekonomi pulih,
Para pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang, Banten antusias mengikuti sosialisasi izin edar makanan olahan.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Kabupaten Tangerang menggelar sosialisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bangkit dan ekonomi pulih.

Sosialisasi yang digelar di salah satu rumah makan di kawasan Cikupa, Jumat (09/04/2021) itu, dihadiri pejabat Dinas Penanaman modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perikanan, Loka POM, Dinas Kominfo, Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan, dan UMKM pangan olahan di Kabupaten Tangerang. Sosialisasi juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kepala Loka POM Kabupaten Tangerang, Wydia Savitri menjelaskan, sosialisasi merupakan rangkaian dari program Loka POM awal tahun, yaitu UMKM Bangkit, Ekonomi Pulih dengan tema “Urus izin Usaha dan Audit dalam Rangka Izin Edar Pangan Olahan MD”.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu UKM mendapatkan izin usaha dan izin edar, utamanya Izin Edar BPOM MD (makanan dalam), yang merupakan perizinan berupa legalitas untuk produk pangan yang diproduksi industri dengan skala lebih besar dari rumah tangga, atau industri yang menghasilkan produk pangan wajib izin edar.

“Kami melakukan percepatan untuk produk-produk atau perusahaan dari UMKM, untuk dapat izin edar dari BPOM, terutama untuk produk pangan,” jelas Wydia.

BACA JUGA: Rencana Perubahan RPJMD Kabupaten Tangerang Dikonsultasikan ke Publik

Kemudian, lanjut dia, pihaknya juga melakukan pendampingan dan kolaborasi dengan perangkat daerah terkait agar UMK dapat memenuhi aspek-aspek penerapan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB) dan untuk segera mendapatkan izin edar.

Menurut Wydia, bagi para pendiri UKM tidak ada salahnya untuk mendaftarkan produk yang diproduksi BPOM MD. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan manusia atau tidak.

“Dengan begitu, selain menjual produk yang enak, tentunya dapat meningkatkan daya saing produk UKM, dan terpercaya karena telah menjajakan produk yang tepat, bermutu dan aman untuk konsumennya,” ujarnya.

Kepala Seksi Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan C/II Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan C DPMPTSP Kabupaten Tangerang, Danang Eka menilai sosialisasi Loka POM cukup baik bagi pengusaha UMKM dalam meningkatkan produknya.

Dia menyebut masih banyak pelaku UMKM yang belum paham dengan sistem, terutama terkait pendafatran izin usahanya. Karena itu, pihaknya telah menyediakan Sistem OSS yang membantu pengisaha dalam pendaftaran izin usaha.

“Saya ingatkan kembali agar tidak menggunakan biro calo yang menjanjikan kemudahan untuk pengurusan izin, karena selain berbayar dengan harga mahal, dokumen yang dikhawatirkan juga dikhawatirkan palsu, sehingga membuat proses pengurusan izin lebih rumit nantinya,” imbaunya.(IKP/DIFA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.