Lobster Hasil Budidaya di Panimbang Pandeglang Siap Dipanen

  • Whatsapp
panen lobster
Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pandeglang, Suaedi Kurdiatna, mengecek persiapan panen lobster di Perairan Pulau Liwungan, Panimbang.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Kepala Dinas Perikanan Pandeglang, Suaedi Kurdiatna, meninjau kegiatan budidaya Lobster yang dilakukan kelompok budidaya Lobster Daya Mina Gemilang, di Perairan Pulau Liwungan, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Rabu (27/5/2020).

Pantauan di lapangan, dengan menggunakan perahu nelayan, Kadis Perikanan bersama jajarannya didampingi perwakilan PT Royal Samudra Nusantara yang menaungi kelompok budidaya Lobster Daya Mina Gemilang, menuju lokasi pembiakan di kawasan perairan Pulau Liwungan.

Bacaan Lainnya

Dengan menempuh waktu sekitar 30 menit, rombongan dari Dinas Perikanan tiba di lokasi budidaya, dan langsung melihat kondisi budidaya Lonster yang siap dipanen tersebut. Setelah dari lokasi budidaya, Kadis Perikanan bersama jajarannya melepas liarkan Induk Lobster yang sedang bertelur ke laut lepas di perairan Pulau Liwungan.

Suaedi Kurdiatna mengatakan, budidaya Lobster tersebut akan mampu memajukan perekonomian para nelayan di Pandeglang. Sebab, kata dia, melalui budidaya tersebut nelayan Pandeglang, khususnya yang ada di Panimbang bisa diberdayakan.

“Dalam satu kelompok budidaya lobster, mampu memberdayakan sekitar 10 nelayan. Jadi harapan kami melalui kegiatan budidaya ini, bisa meningkatkan kesejahteraan para nelayan,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk budidaya Lobster Pandeglang merupakan kegiatan baru, bahkan sekarang ini baru ada tiga perusahaan budidaya Lobster yang sudah mendapatkan rekomendasi dari Dinas Perikanan. Sebab itu, diharapkan dengan budidaya lobster mampu mendongkrak perekonomian nelayan.

“Kami akan terus mengawal budidaya lobster ini. Karena potensinya cukup bagus, dan kami yakin jika kegiatan itu maju nelayan bisa sejahtera,” katanya.

Seorang pengembang budidaya lobster dari PT Royal Samudra Nusantara yang membawahi Kelompok Budidaya Mina Gemilang, Andi menuturkan, pengembangan budidaya Lobster yang dilakukan itu baru berjalan selama 6 bulan.

“Usia lobster sudah mencapai 3 bulan, dan siap dipanen,” ujarnya.

Dalam budidaya Lobster tersebut lanjut Andi, pihaknya menggandeng Koperasi Nelayan Putra Lautan. Dalam kegiatan budidaya ini, ada puluhan nelayan yang diberdayakan. Pihaknya juga berharap kepada pemerintah, agar mendukung kegiatan budidaya Lobster yang dikembangkannya saat ini.

“Kami berharap budidaya lobster yang kami tekuni bisa lebih berkembang lagi,” harapnya. (Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.