Lima Pelajar Tewas Tenggelam, Karena Diduga Langgar Aturan Adat Baduy

  • Whatsapp
Tokoh Adat Baduy, Jaro Saija.

LEBAK, REDAKSI24.COM- Lima pelajar SMP Budaya Santo Agustinus, Jakarta Timur yang tewas tenggelam di Sungai Ciujung kawasan Suku Adat Baduy, di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Lebak, Banten, Jum’at (25/10/2019), diduga karena tidak mentaati aturan yang disampailan oleh warga setempat.

Hal itu dibenarkan oleh Tokoh Adat Baduy, Jaro Saija. Menurutnya, para korban yang tenggelam di Sungai Ciujung kawasan Suku Adat Baduy, karena melanggar aturat adat yaitu, tanggange. Tangange sendiri, kata dia diyakini oleh masyarakat setempat, kondisi terik matahari sekitar pukul 11.45 WIB sampai 13.30 WIB sedang berada tepat di atas bumi.

Bacaan Lainnya

Pada saat itu, imbuh dia, masyarakat tidak boleh atau menunda pekerjaan, dan tidak diperkenankan melakukan aktivitas di luar ruangan.

Ia mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah memberikan imbauan serta menerangkan aturan apa saja yang tidak boleh di langgar oleh para pengunjung. Karena pada hari Jumat ada aturan yang wajib ditaati. Para pengunjung tidak boleh ramai-ramai atau bersikap berlebihan di wilayah tersebut.

BACA JUGA:

Lima Pelajar Jakata Timur Tewas Tenggelam di Sungai Ciujung Baduy

Tim Dokkes Polda Banten Identifikasi  Kelima Pelajar Tenggelam di Baduy

Suasana Duka Warnai Identifikasi 5 Pelajar Tenggelam di Baduy

Dan di tempat tenggelamnya para korban, kata dia, sesungguhnya tidak diperuntukkan untuk berenang. Warga Baduy-pun tidak ada yang berani memanfaatkan tempat itu untuk beraktivitas, karena kedalamannya lebih dari 3 meter.

“Saat kejadian arus Sungai Ciujung di wilayah itu memang tampak tenang, tapi cukup dalam. Kotapun sudah berusaha memperingatkan, hanya saja siswa-siswa tersebut bandel dan tidak mau mendengar,” pungkasnya.

Kelima korban yang tewas itu adalah, Malvin Reizen Alvino, Moses Immanuel Baskoro, Syahrul Ramadhan, Paskaleo Anestio Telaumbanua, dan Cristiano Arthur Immanuel. (Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.