Lemkapi Prediksi Kapolri Punya Orang Terbaik Sebagai Kabareskrim

oleh -
Direktur Lemkapi, Edi Saputra Hasibuan - istimewa.

JAKARTA, REDAKSI24.COM- Kursi Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri sampai saat ini masih kosong menyusul terpilihnya Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri. Hingga kini siapa nomor satu di badan berlambang busur dan panah itu masih digodok.

Direktur Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Saputra Hasibuan memprediksi pemilihan Kabareskrim tersebut tak akan memakan waktu lama.

“Kami berpendapat posisi Kabareskrim akan diumumkan dalam waktu dekat. Banyak calon untuk itu yang memiliki kapabilitas yang mampu,” katanya saat dikonfirmasi redaksi24.com melalui aplikasi pesan, Senin (11/11/2019).

Dari catatan LEMKAPI, ada empat perwira tinggi berpotensi mengisi pos Kabareskrim. Yang pertama adalah Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Irjen Listyo Sigit Prabowo.

Kedua, Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono. Ketiga Kapolda Jawa Tengah, Irjen Rycko Amelza. Dan yang keempat adalah Kapolda Jawa Barat, Rudy Sufahriadi.

“Sejumlah nama yang pas menurut kami antara lain Kadiv Propam Polri, Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jateng atau Kapolda Jabar,” imbuh Edi.

Alasan mereka berpotensi untuk dipilih, kata Edi, karena masing-masing cukup lama menangani masalah reserse. Seperti Irjen Listyo Sigit yang pernah bertugas menjadi Direktur Reserse Kriminal Umum di Polda Sulawesi Tenggara.

BACA JUGA:

LEMKAPI Optimis Kapolri Mampu Ciptakan Keamanan Nasional

Kemudian pernah menjadi Kapolda Banten hingga dipercaya menjadi ajudan Presiden Jokowi pada 2014 lalu, “Mereka ini semua adalah orang Reserse,” sambung Edi.

Edi optimis Kapolri Idham Azis akan memilih anggotanya yang berkompeten untuk menempati posisi Kabareskrim tersebut.

“Masalah Kabareskrim itu sepenuhnya kewenangan Kapolri. Kami yakin Kapolri akan memilih yang terbaik siapapun dari mereka,” pungkasnya. (Alfin/Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.