Lebak Siapkan Cadangan Beras Pemerintah Daerah 115 Ton

oleh -
cadangan beras, pemerintah daerah, petani, dinas ketahanan pangan, kabupaten lebak,
Cadangan beras antisipasi bencana alam di Lebak.

LEBAK, REDAKSI24.COM – Dinas Ketahanan Pangan (Distapang) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, menyiapkan Cadangan Beras Pemerintah Daerah (CBPD) sebanyak 115 ton. Stok beras itu untuk memenuhi kebutuhan konsumsi pangan masyarakat.

“Persediaan beras 115 ton itu hasil panen petani lokal,” kata Kepala Dinas Ketapang Kabupaten Lebak, Abdul Rohim di Lebak, Minggu (28/2/2021).

Pemerintah daerah mempersiapkan CBPD untuk kebutuhan konsumsi masyarakat jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam juga kerawanan pangan akibat serangan hama tanaman.

Selama ini, stok pangan tersebut belum digunakan dan masih tersimpan di Gudang Perum Bulog. Sebab, pemerintah daerah belum memiliki gudang yang represantatif dan memadai untuk menampung persedian CBPD itu.

“Kami menyiapkan stok beras bila diperlukan untuk memenuhi pelayanan dasar masyarakat agar tidak menimbulkan kelaparan maupun kerawanan pangan,” katanya.

BACA JUGA: Pemkab Lebak Tutup Kantor Setda Setelah 25 Pegawai Positif COVID-19

Menurut dia, saat ini, pasokan beras lokal di pasaran melimpah,terlebih musim panen di Kabupaten Lebak terus berlangsung sampai April mendatang. Namun, pemerintah daerah tetap menyiapkan persedian CBPD itu guna memenuhi persedian pangan.

Bahkan persediaan CBPD itu hasil penyerapan petani lokal dengan kerja sama Perum Bulog guna membantu pendapatan ekonomi mereka. Selama ini, produksi beras di Kabupaten Lebak cukup melimpah dan terpenuhi kebutuhan konsumsi pangan.

“Kami mendistribusikan CBPD dari Gudang Bulog jika diperlukan untuk membantu warga yang terdampak bencana alam,” katanya menjelaskan.

Ia mengatakan, pemerintah daerah juga menjalin kerja sama dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) di delapan kecamatan di Kabupaten Lebak.

Mereka ke delapan kelompok tani itu mampu memproduksi tanaman sayur-sayuran dan umbi-umbian sehingga dapat mencukupi kebutuhan pangan keluarga.

Selain itu juga masyarakat dapat mengembangkan pertanian dengan Pemanfaatan Pekarangan Lestari (P2L) dengan mendukung program keanekaragaman.

“Kami setiap tahun tetap mengalokasikan untuk persedian pangan,” katanya menjelaskan.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak, Pebby Rizky Pratama mengatakan, saat ini persediaan beras untuk penanganan bencana alam melimpah dan belum membutuhkan pangan dari CBPD.

Bahkan, persediaan beras dari Kemensos dan BNPB melimpah dan disimpan di Gudang Bulog. “Kami menyalurkan beras itu jika terjadi bencana alam,” katanya.(ANT/DIFA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.