Lebak Jadi Lokus Diklatpim Kementerian PUPR

oleh -
Bupati Lebak, Banten, Iti Octavia Jayabaya menyalami peserta VKN Kementerian PUPR.

REDAKSI24.COM – Kedatangan rombongan peserta Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN) Diklatpim Tingkat II Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Angkatan XX Tahun 2019, disambut baik Bupati Lebak, Banten, Iti Octavia Jayabaya di Gedung Aula Multatuli Sekretariat Daerah (Setda) Lebak, Rabu (21/8/2019).

Bupati Lebak mengungkapkan terimakasih kepada rombongan peserta VKN karena memilih Kabupaten Lebak sebagai lokasi kegiatan VKN. Selain itu, menurut Iti, Kabupaten Lebak menjadi daerah terluas di Provinsi Banten 304.472 Ha (3.044,72 Km²), yang terdiri dari 28 kecamatan dengan 340 desa dan 5 kelurahan.

Dia menyampaikan, tahun ini Kabupaten Lebak telah lepas dari predikat Kabupaten Tertinggal, berdasarkan Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (PERMENDPDT) No.79 Tahun 2019. Meskipun begitu, menurutnya, Pemerintah masih memiliki PR yaitu dari 340 desa masih ada sekitar 196 desa tertinggal berdasarkan indeks Desa Membangun.

“Tentunya ini menjadi PR Pemerintah agar desa-desa tertinggal tersebut memiliki kesetaraan dengan desa-desa yang lain, sehingga tujuan dari pemerintah Desa Membangun bisa tercapai melalui pembangunan mulai dari pinggiran,” ujar Iti Octavia.

BACA JUGA:

. Lebak Jadi Lokus Penanganan Stunting

. Iti Dinobatkan sebagai Bupati Terbaik Se-Asia

. Ormas Badak Banten Sebut APBDes di Lebak Didominasi Program Titipan

Iti menuturkan, Pemerintah Kabupaten Lebak optimis untuk memajukan Kabupaten Lebak dengan seluruh potensi yang dimiliki, terlebih Lebak memiliki letak strategis Nasional seperti pembangunan double track KRL dan lain sebagainya.

Seusai pelepasan peserta Diklat, Ketua Rombongan Maliki Mursid menjelaskan, Visitasi Kepemimpinan Nasional merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II yang diselenggarakan Kementerian PUPR, dalam hal ini Lembaga Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Peserta VKN ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah peserta 58 orang yang terbagi dalam 4 kunjungan kabupaten dan 2 propinsi. Untuk Propinsi Banten, Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang dipilih sebagai lokasi kegiatan. Di Kabupaten Lebak sebanyak 14 peserta VKN.

“Kegiatan ini untuk memfasilitasi peserta mengaktualisasi kepemimpinan nasional strategis dan manajemen berdasarkan tema dukungan infrastruktur dalam pengembangan wilayah yang berdaya saing pertahanan dan berkelanjutan,” jelas Maliki.

Visitasi ini akan fokus pada kebutuhan sektoral atau isu strategis nasional tertentu dengan mengadopsi dan mengadaptasi keunggulan organisasi yang memiliki kualitas baik. (Deddy/Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.