LBH UMT Buka Posko Bantuan Hukum Gratis Bagi Pekerja Yang di PHK saat Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
Direktur LBH UMT Gufroni, SH.MH.
Direktur LBH UMT Gufroni, SH.MH.

TANGERANG,REDAKSI24.COM—Gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) oleh sejumlah perusahaan kepada pekerjanya di Provinsi Banten khususnya di tengah wabah Covid-19 terus terjadi. Bahkan Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan Provinsi Banten menjadi wilayah dengan jumlah pengangguran terbanyak di Indonesia selama 3 tahun berturut-turut.

Hal tersebut menjadi keprihatinan tersendiri bagi para praktisi hukum di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT). Atas hal LBH UMT membuka posko pengaduan dan bantuan hukum bagi para pekerja yang di PHK khususnya saat terjadinya wabah Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Kami prihatin atas terjadinya gelombang PHK di Banten. Terlebih kami mengetahui ada beberapa pekerja yang di PHK saat terjadinya Covid-19 ini, melakukan aksi bunuh diri akibat tak kuat menghadapi tekanan hidup,” ujar Direktur LBH UMT Gufroni, SH,MH kepada Redaksi24.com, Kamis, (7/5/2020).

Menurut Gufroni bantuan hukum gratis tersebut diberikan agar para pengusaha tidak semena-mena merumahkan para pekerjanya tanpa gaji bahkan melakukan PHK terhadap para pekerjanya tanpa pesangon dengan dalih wabah virus Corona. Dalam melakukan PHK meski dalam kondisi wabah Corona, lanjut Gufroni, para pengusaha tetap harus menjalankan aturan yang berlaku.

“Jangan sampai wabah virus Corona ini dijadikan alasan bagi para pengusaha untuk melakukan PHK dengan semena-mena terhadap para pekerjanya dengan tidak menjalankan aturan yang berlaku,” tegas pria yang juga menjadi dosen di Fakultas Hukum UMT ini.

Gufroni menjelaskan jika ada pekerja yang membutuhkan bantuan hukum gratis bisa mendatangi posko bantuan hukum ini di kampus utama UMT di kawasan pendidikan Cikokol, Kota Tangerang.

“Posko ini dibuka setiap hari senin hingga jumat mulai pukul 10.00 WIB hingga 15.00 WIB, papar Gufroni.

Selain itu lanjut Gufroni, saat ini pihaknya akan bekerjasama dengan Redaksi24.com untuk membukan layanan konsultasi hukum online gratis bagi masyarakat yang membutuhkan. Layanan konsultasi hukum gratis ini dibuka untuk umum tidak hanya bagi pekerja yang di PHK saat wabah virus Corona.

“Mudah-mudah apa yang dilakukan LBH UMT ini bisa membantu masyarakat khususnya saat terjadi wabah Covid-19 ini,” pungkasnya. (Hendra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.