Layanan Disdukcapil Lebak Abaikan Protokol Kesehatan Covid-19

  • Whatsapp
Layanan Disdukcapil Lebak
Terjadi kerumunan di layanan Disdukcapil Lebak

LEBAK, REDAKSI24.COM – Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lebak membeludak.

Berdasarkan pantauan di lokasi Rabu (10/6/2020), puluhan warga tersebut terlihat memadati halaman depan kantor Disdukcapil untuk mengurus berbagai berkas Adminduk di mobil pelayanan yang telah disediakan Disdukcapil Lebak.

Bacaan Lainnya

Namun, ironisnya, warga masih tidak mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah guna memutus rantai penyebaran Covid-19, dengan masih berdesak-desakan dan juga tidak menggenakan masker.

” Kan di Disdukcapil juga tak diatur soal adanya jarak dan antrian. Makanya kami juga tidak menggunakan masker, kami juga tidak khawatir meski harus saling berdesakan,” kata seorang pengunjung Disdukcapil Lebak asal Kecamatan Warunggunung yang enggan disebutkan namanya, Rabu (10/6/2020).

Menanggapi hal tersebut, Kepala Disdukcapil Lebak H. Ujang Bahrudin mengatakan, pihaknya telah mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan kepada warga yang hendak mengambil dokumen kependudukan.

“Baca saja Baliho di disdukcapil, sudah jelas standar operasinal prosedur (SOP) nya di sana, ” singkat Ujang.

Sementara itu, Sekertaris Disdukcapil Lebak Ahmad Nur mengakui terjadinya lonjakan warga yang ingin mengurus Adminduk. Ia mengakui masih banyak pemohon yang tetap membandel dengan tidak mengindahkan protokol kesehatan.

” Kalau pemberitahuan sudah kami sampaikan berulang kali, tapi masyarakatnya susah di kasih tau orang suruh online, malah datang ke capil. Susah di kasih tau nya, suruh kirim data via whatsapp (wa) dari rumah terus jadwal ambilnya bisa lihat di Media Sosial (medsos )atau baliho di kantor, “katanya

Untuk mensiasatinya, pihaknya telah mengalihkan seluruh layanan tatap muka, terkecuali layanan pengambilan dokumen secara online via aplikasi pesan singkat whatsapp.

Katanya, para pemohon dapat mengurus berbagai Adminduk secara online, dengan mengirimkan dokumen persyarakatnya ke nomer whatsapp operator yang telah disiapkan. Bagi pemohon yang telah selesai mengurus dokumen persyarakatnya dapat mengambil langsung dokumen mereka di mobil pelayanan di gerbang Disdukcapil, ataupun melalui jasa pengiriman barang dengan metode pembayaran COD atau pembayaran ditempat.

“Kita juga batasi para pemohon yang ingin mengambil dokumen perharinya untuk setiap kecamatan. Dimana jadwal pengambilan dokumen untuk setiap kecamatan dapat dilihat melalui Medsos Disdukcapil Lebak,” pungkasnya. (Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.