Lawan Covid-19, Dinas Ketapang Pandeglang Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan Rumah

  • Whatsapp
dinas ketahanan pangan pandeglang
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pandeglang, M Amri menyerahkan bibit tanaman sayur kepada warga di Kecamatan Cisata.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Pandeglang, membagikan sebanyak ribuan bibit dan benih tanaman kepada warga di setiap desa Kecamatan Cisata. Tujuannya agar warga memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam sayuran untuk menghindari rawan pangan pada masa pandemi covid-19.

Bibit tanama yang diberikan kepada warga sebanyak 6000 bibit, dengan jenis bibit mulai dari cabai, terong, tomat dan berbagai jenis bibit lainnya. Selain itu, dilengkapi pula dengan pemberian benih kangkung, cesim dan bayam serta ratusan polybag.

Bacaan Lainnya

Penyerahan bibit dan benih tanaman sayuran itu langsung dilakukan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pandeglang, M Amri bersama timnya ke setiap desa dan didampingi Camat Cisata, Atang Suhana.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pandeglang, M Amri mengatakan, dalam mengantisipasi kerawanan pangan masyarakat, pihaknya saat ini menyalurkan ribuan bibit dan benih sayuran kepada warga di Kecamatan Cisata. Melalui pemberian bibit itu diharapkan warga bisa memanfaatkan lahan kosong dan pekarangan rumah.

“Ini salah satu upaya dalam melawan covid-19 dan mencegah kerawanan pangan ditengah pandemi covid-19. Kami mengajak warga agar sama-sama melawan covid-19 melalui penanaman sayur mayur,” ungkap Amri saat menyerahkan bibit tanaman kepada salah satu Kelompok Wanita Tani di Kantor Desa Cibarani, Kamis (9/4/2020).

Menurutnya, ditengah pandemi covid-19 itu, warga harus banyak mengonsumsi sayuran agar kesehatan tubuh selalu terjaga. Sebab virus covid-19 itu bisa dilawan dengan kondisi tubuh yang sehat. Karena dengan banyak mengkonsumsi sayur mayur diharapkan tidak mudah terserang virus.

“Ini salah satu bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat, kami punya peran dalam memerangi covid-19 melalui penggerakan penanaman sayuran,” katanya.

Dikatakannya, ketika masyarakat sudah punya tamanan sayuran, dan saat membutuhkan kebutuhan itu tidak perlu pergi ke pasar. Jadi bisa langsung mengambil dari tanaman yang ditanam warga di pekarangan atau di lahan kosong.

“Ini salah satu cara kami dalam upaya penanggulangan covid-19. Namun dalam melaksanakan kegiatan ini, kami juga tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Pihaknya juga menghimbau warga, agar bersama mencegah penyebaran covid-19, salah satunya dengan meningkatkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sesuai anjuran pihak kesehatan, dan mengikuti apa yang diajurkan pemerintah dalam pencegahan covid-19.

“Hindari kerumunan banyak orang, gunakan masker ketika hendak bebergian ke luar rumah dan rutin mencuci tangan dengan menggunakan sabun,” tuturnya.

BACA JUGA:

. Bupati Pandeglang Wajibkan Masker Bagi Penumpang Angkutan Umum

. Basmi Covid-19, PMI Semprot Disinfektan di Pandeglang

. Warga Desa Langensari Pandeglang Diajak Cegah Covid-19

Di tempat yang sama, Camat Cisata, Atang Suhana mengapresiasi langlah Dinas Ketahanan Pangan, yang telah memberikan bantuan bibit tanaman kepada warganya di setiap desa. Dengan begitu, kata dia, warga bisa memanfaatkan pekarangan rumah dan lahan kosong, dan bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan sayur mayor pada masa pandemi covid-19.

“Saya berharap warga bisa memanfaatkan bantuan bibit ini dengan baik, supaya nanti bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan sayur mayur. Apalagi sekarang ini tengah musim pandemi covid-19, jadi harus banyak mengkonsumsi sayur sayuran,” tandasnya. (Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.