Lama Terbengkalai Akibat COVID-19, Teras Cihampelas Akan Mulai  Diaktifkan Kembali di Bulan Ramadan

oleh -
Teras Cihampelas Kota Bandung
Kondisi Teras Cihampelas yang terbengkalai akibat adanya pandemi COVID-19.

BANDUNG,REDAKSI24.COM–Masih ingat dengan Teras atau  Skywalk Cihampelas? Iya benar, pusat penampungan para pedagang kaki lima yang terletak di atas jalan Cihampelas ini sudah lama terbengkalai akibat adanya pandemi COVID-19. Kondisi bangunan yang diresmikan pada April 2017 lalu tersebut kini kondisi kumuh dan tidak terurus.

Nah saat ini Pemerintah Kota Bandung berencana membuka kembali Teras Cihampelas pada bulan Ramadhan tahun ini. Saat ini, beberapa pun tengah dilakukan seperti mengganti glass block yang pecah, dane memperbaiki  saluran air yang menggenang karena tersumbat dedaunan. Dengan perbaikan tersebut diharapkan eas Cihampelas  bisa kembali menjadi daya tarik bagi masyarakat Kota Bandung maupun para wisatawan.    

“Kita bersama-sama dengan Dinas terkait, Kewilayahan, forum pedagang juga membersihkan Teras Cihampelas, ada (beberapa temuan) seperti glass block pecah karena katanya ada satu aktivitas di sini,” kata Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat menghadiri Kegiatan Bersih-bersih di Teras Cihampelas, Rabu (10/3/2021).

“Kita akan coba apakah ditutup pot bunga supaya tidak terlintasi lagi dan tidak rusak. Kalau yang lain-lainnya sih tanaman nanti coba diperbaiki, termasuk tenda-tenda pedagang. Perbaikan-perbaikan saluran juga, karena mungkin sudah lama, karena daun-daun jadi mampet,” lanjut Yana.

Namun begitu Yana berharap saat diaktivasi nanti, jumlah  pedagang di Teras Cihampelas tidak bertambah. Pedagang yang akan mengisi diupayakan adalah pedagang yang sebelumnya berjualan di Teras Cihampelas.  

“Jadi tetap kita minta yang dulu. Agar mereka mau balik lagi dagang, harus teraktivasi dengan kegiatan yang mengundang pembeli. Jadi tempatnya diupayakan menarik,” ucapnya.

“Kemungkinan aktivasi itu, salah satunya bisa dengan menghadirkan aktivitas budaya,” imbuhnya

BACA JUGA: Serunya Menikmati Wisata Sejarah dengan Bus Bandros

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (KUMKM) Atet Dedi Handiman, yang juga menjabat Sekretaris Satgasus PKL mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk stimulus untuk membangkitkan perekonomian masyarakat. 

“Saat ini para pedagang pun kami  diajak untuk bersih-bersih menjelang bulan puasa untuk reaktivasi. Rencananya PKL juga dikumpulkan untuk diberikan bimbingan teknis,” katanya.

“Kita akan berikan bimtek kepada para pedagang, rencananya minggu-minggu ini,” ucapnya.

Atet mengungkapkan, akan ada tema untuk awal-awal reaktivasi. Sehingga Teras Cihampelas tidak akan seperti yang bisanya orang ketahui.

Terkait masa pandemi Covid-19, Atet yang juga termasuk dalam Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung akan mengkoordinasikan kembali kawasan seperti Teras Cihampelas yang akan direaktivasi terkait Protokol kesehatan, hingga jam operasionalnya.

“Apakah misalnya dibuka dengan pengawasan yang ketat tapi khusus atau seperti apa, misalnya mengikuti Perwal. Itu formatnya harus dikoordinasikan dulu dengan para PKL,” katanya.

Sedangkan Ketua Badan Pengelola Teras Cihampelas (BPTC), Agus Nurdin mengaku para pedagang di Teras Cihampelas sudah siap kembali berjualan jika tempatnya sudah sesuai dengan apa yang direncanakan.

“Karena memang selama ini juga kan kendalanya masalah cuaca, tempat, terus banyak yang bocor dan memang keadaanya sepi,” singkatnya. (Rulli/Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.