Kurang Gizi, 24 Bayi di Wilayah Kecamatan Tigaraksa Alami Stunting

  • Whatsapp
Ilustrasi stuting.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM — Sebanyak 24 bayi di 7 desa wilayah kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, alami stunting atau memiliki tinggi badan di bawah standar. Ke 24 bayi dengan rata-rata usia di bawah 2 tahun itu kini dalam monitoring petugas kesehatan dari Puskesmas Tigaraksa.

Kepala Puskesmas Tigaraksa drg Eko Hartati menuturkan, 24 bayi yang mengalami stunting tersebut tersebar di 7 desa di wilayah Tigaraksa diantaranya desa Tapos, Cileles, Bantar Panjang, Sodong, dan Kadu Agung. Kata dia, bayi-bayi tersebut diketahui stuntingnya ketika dilakukan penimbangan di posyandu.

Bacaan Lainnya

“Jadi tingginya kurang dari usia seharusnya. Sedang kita lihat, kita evaluasi, dan kita monitoring di desanya termasuk makanannya apakah bergizi atau tidak,” ungkapnya saat dikonfirmasi oleh Redaksi24.com, Senin (24/2/2020).

Ia melanjutkan, banyak faktor penyebab terjadinya kasus stunting ini. Selain karena sanitasi yang kurang layak, kondisi ekonomi keluarga dengan makanan seadanya membuat asupan gizi untuk sang bayi kurang tercukupi dari sejak masa kehamilamnya. Padahal, pemenuhan asupan gizi seimbang menjadi salah satu kunci mencegah stunting.

“Jadi stunting nggak tiba-tiba harus tinggi ketika sudah kita tangani tapi dari makanannya juga harus sehat juga soal perkembangan gizinya,” tutur dia.

BACA JUGA:

Cegah Stunting, Pemkab Tangerang Ajak Ratusan Murid SD Makan Telur

Pemerintah Pusat dan Daerah Bersinergi Tangani Stunting

Ia menambahkan, untuk menanggulangi kasus stunting khususnya di wilayah Tigaraksa pihak puskesmas berupaya melakukan pencegahannya melalui penyuluhan dan kegiatan-kegiatan di posyandu.

Selain itu juga, pihak puskesmas Tigaraksa dan Puskesmas Pasir Nangka beserta unsur pemerintahan dari Kecamatan Tigataraksa rutin menggelar Lokakarya Mini (Lokmin) 4 kali dalam setahun.

“Langkahmya kita sudah lakukan melalui KP Asih yakni yang ada di posyandu kemudian ibu-ibu kadernya juga sudah kita kasih penyuluhan,” tandasnya (Ricky/Aan).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.