Kunjungan Anggota DPRD Pertanyakan Pengelolaan PDAM TB Kota Tangerang

  • Whatsapp
Kunjungan kerja di DPRD Kota Tangerang.

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM
DPRD Kota Tangerang menerima kunjungan kerja para wakil rakyat dari sejumlah daerah, seperti Kabupaten Musi Banyuasin, Prabumulih Provinsi Sumatera Selatan, Balangan Provinsi Kalimantan Selatan dan Kota Tomohon Sulawesi Utara

Dalam kunjuganya pada Jumat (31/10/2019), sejumlah anggota DPRD itu mempertanyakan soal kinerja Badan Kehormatan, khususnya menyangkut kode etik dan soal permasalahan penyertaan modal dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) seperti Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

Bacaan Lainnya

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Tangerang, Anggiat Sitohang yang menerima kunjungan tersebut menjelaskan, bahwa perusahaan daerah didirikan tujuannya adalah untuk mengejar profit oriented.

Namun begitu, kata Anggiat yang juga dari Fraksi NasDem, di tengah perjalananya, PDAM harus menanggung ongkos sosial yang begitu tinggi, Khususnya ketika mereka berhadapan dengan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Kalau sudah berhadapan dengan MBR, maka harga produksi dengan harga jual tidak akan bisa nyambung, sebab harga produksi tinggi sedangkan harga jual ke masyarakat pasti rendah,” jelasnya.

Seperti yang dialami PDAM Tirta Benteng, Kota Tangerang. Bila menjual produk airnya ke MBR, tentu akan merugia. Tapi bila menjual ke PT Angkasa Pura II, selaku pengelola Bandara Soekarno Hatta, pasti untung.

BACA JUGA:

DPRD Probolinggo Belajar Tingkatkan PAD Ke Kota Tangerang

DPRD Kota Tangerang Desak Pemkot Lakukan Penataan Pasar Lama

Meski begitu, tambah Anggiat, kenyataan tersebut tidak bisa dipungkiri. Mengingat penyediaan air bersih kepada masyarakat adalah tanggung jawab pemerintah, sebagaimana amanat undang-undang yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

“Ya itulah social cost, sebab pemerintah tidak bisa serta merta hanya berpikir profit oriented atau berharap banyak lewat deviden,” pungkasnya.(Agus/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.