Kronjo Panen Sayur, Bupati Tangerang Petik Kol dan Oyong

oleh -
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar
Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar (Tengah batik ungu)

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM — Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar ikut memetik sayur kol dan oyong saat lahan-lahan pertanian Holtikultural milik petani binaan Benteng Koperasi Indonesia (BMI) di Kampung Blukbuk Luwung, Desa Blukbuk RT 03 RW 04, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, Banten, mulai bisa dipanen pada hari ini, Kamis (13/2/2020).

Bupati Zaki mengatakan, jika wilayah kronjo dan sekitarnya pada saat musim kering susah untuk mendapatkan air, hal itu dikarenakan wilayah Kronjo merupakan dataran rendah dengan sawah tadah hujan. Ia melanjutkan, saat musih hujan tanaman pertaniannya sudah bisa dipanen, diantaranya sayuran kol dan oyong yang merupakan hasil petanian masyarakat.

“Saya berharap, sektor pertanian Holtikultura terus digalakan untuk wilayah kronjo yang telah terbukti seperti kol, cabe dan oyong bisa dipanen lebih cepat,” kata Bupati usai memanen.

BACA JUGA:

1.500 Hektar Sawah di Kabupaten Tangerang Kekeringan, 200 Hektar Padi Gagal Panen

Sementara itu, Presiden Koperasi Syariah BMI Kamarudin Batubara menuturkan, para petani kol dan oyong yang dipanen di Kronjo merupakan petani binaan koperasi BMI. Kata dia, ada 11 orang petani dengan pembiayan 3 orang petani secara mandiri.

Ia menjelaskan, untuk komoditas kol dataran rendah pertanian Holtikultira binaan BMI di wilayah kecamatan kronjo memiliki lahan seluas 4.000 meter persegi, dengan komoditas Oyong seluas 6.000 meter persegi, komoditas Timun 6.000 meter persegi dan komoditas Cabai mencapai 7.000 meter persegi.

“Kami memberikan pendampingan penyuluh pertanian, hingga saat ini panen mencapai 1 ton untuk komoditas oyong,” tandasnya (Ricky/Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.