KPU Siap Plenokan Hasil Penghitungan Suara Pilkada Pandeglang

  • Whatsapp
pilkada pandeglang, penghitungan suara, KPU Pandeglang, rekapitulasi, pleno, pandeglang,
Pilkada Pandeglang 9 Desember 2020 diikuti dua pasangan calon bupati-wakil bupati.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Pleno rekapitulasi hasil pemungutan dan penghitungan suara dalam Pilkada Pandeglang, di tingkat kecamatan sudah rampung secara keseluruhan. Rencananya, KPU Pandeglang akan menggelar pleno tingkat kabupaten, mulai 15 sampai 17 Desember 2020 nanti.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara pada KPU Pandeglang, Ahmadi mengungkapkan, untuk pleno rekapitulasi hasil perolehan suara bagi calon Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang, dipastikan akan segera digelar.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, kata dia, pleno ditingkat kabupaten dijadwalkan tanggal 13. Namun karena ada sejumlah PPK yang baru selesai melakukan pleno kemarin, rekapitulasi suara tingkat kbaupaten dimulai Selasa (15/12/2020).

“Kalau target waktu yang dijadwalkan selama tiga hari. Namun jika pleno nanti bisa selesai dalam waktu satu hari, berarti lebih baik,” ungkap Ahmadi, Senin (14/12/2020).

BACA JUGA: Bawaslu Bidik Pidana Pemilu, Pemungutan Suara Ulang Pilkada Pandeglang Turunkan Partisipasi Pemilih

Dikatakannya, dalam pleno yang akan dilakukan nanti, hanya menetapkan hasil rekapitulasi penghitungan suara, belum menetapkan pasangan calon terpilih. Sebab tahapannya, setelah rekap ada jeda waktu selama tiga hari untuk menetapkan pasangan calon terpilih itu.

Sebab, kata dia, jeda selama tiga hari dari tahapan pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara ke penetapan calon terpilih, untuk memberi kesempatan bagi pasangan calon yang ingin melakukan gugatan hasil penghitungan suara ke Mahkamah Kostitusi (MK).

“Jika nanti ada gugatan dari salah satu pasangan calon, kami belum bisa menetapkan pasangan calon terpilih sebelum ada putusan inkrah dari MK. Tapi jika tidak ada gugatan, tiga hari setelah pleno rekapitulasi langsung dilakulan penetapan calon terpilih,” katanya.

Terpisah, Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Sujai membenarkan, jika pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara dalam Pilkada Pandeglang akan segera digelar. Rencananya, kata dia, kegiatan pleno tersebut akan dilangsungkan di salah satu hotel Pandeglang.

“Iya pleno dijadwalnya selama tiga hari, mulai besok (Selasa) sampai hari Kamis. Mudah-mudahan prosesnya berjalan lancar,” tandasnya.(Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.