KPU Pandeglang Tetapkan 50 Caleg Terpilih

  • Whatsapp
KPU menggelar Pleno penetapan Caleg terpilih DPRD Pandeglang hasil Pemilu 2019.

REDAKSI24.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pandeglang, Banten melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Anggota DPRD Kabupaten Pandeglang terpilih pada Pemilu 2019, di salah satu hotel Kecamatan Carita, Senin (12/8/19).

Pleno penetapan kursi dan caleg terpilih yang digelar KPU Pandeglang sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 14 Tahun 2019 Perubahan Atas PKPU Nomor 7 Tahun 2018 tentang Tahapan, Program dan Jadwal, KPU RI menetapkan hasil Pemilu 2019 pada 21 Mei 2019.

Bacaan Lainnya

Ketua KPU Pandeglang, Banten, Ahmad Sujai mengatakan, sebelumnya di Pandeglang ada gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK), yakni dari Partai Berkarya, Partai Nasdem dan Partai Demokrat.

“Namun MK menolak gugatan ketiga Parpol tersebut, dan sekarang ini kami menggelar pleno penetapan Caleg terpilih,” kata Ahmad Sujai.

Dia menyebut, pada tanggal 8 Agustus 2019 MK memutuskan menolak gugatan ketiga parpol. Kemudian KPU RI mengeluarkan Surat dengan Nomor: 1100/PY.01.1-SD/06/KPU/VIII/2019 tentang Tindak Lanjut Putusan Mahkamah Konstitusi, yang memerintahkan KPU di daerah untuk segera menetapkan Caleg terpilih.

Lanjut Sujai, KPU Pandeglang melaksanakan rapat pleno penetapan kursi  untuk DPRD Pandeglang 2019-2024 dan KPU memiliki waktu lima hari untuk menjalankan putusan MK. “Penetapan 50 Caleg terpilih berjalan lancar, aman dan tidak ada pernyataan keberatan atau kejadian khusus dari peserta Pemilu,” katanya.

BACA JUGA:

. KPU Lebak Evaluasi Pemilu 2019

. KPU Tetapkan Caleg Terpilih, Gerindra Raih 16 Kursi DPRD Banten

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Pandeglang, Samsuri menambahkan, hasil Rapat Pleno yang di dalamnya ada nama-nama Caleg terpilih DPRD Pandeglang 2019-2024 langsung disampaikan ke Pemprov Banten melalui Pemkab Pandeglang.

“Tadi sore langsung kami sampaikan ke Bupati Pandeglang yang selanjutnya disampaikan ke Gubernur Banten untuk keperluan pengucapan sumpah janji anggota DPRD Pandeglang yang baru,” tandasnya.(Samsul/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.