KPU Kabupaten Tangerang Terapkan Sistem E-Voting di Pemilihan Osis SMK BAM Cikupa

oleh -
Sistem E-Voting
KPU kabupaten Tangerang terapkan edukasi pemilihan.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM — Guna memberi edukasi tentang Pemilihan Umum (Pemilu) di lingkungan pelajar, KPU Kabupaten Tangerang terapkan sistem E-Voting dalam Pemilihan Ketua Osis SMK Bina Am Ma’mur (BAM) di Kampung Cerewed, Desa Sukadamai, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Senin (20/1/2020).

Komisioner KPU Kabupaten Tangerang Divisi Tekhnis Ahmad Subagja menuturkan, jika kegiatan pemilihan ketua osis dengan sistem E-Voting dilakukan dalam rangka memberikan pendidikan Pemilu kepada para pelajar tentang tata cara pemilihan khususnya kepada para pemilih pemula.

“Keunggulannya pemilihan melalui E-Voting ini lebih efisiensi, tidak membutuhkan waktu lama satu orang pemilih hanya membutuhkan waktu sekitar 25 detik,” ungkapnya kepada sejumlah wartawan.

Ia melanjutkan, sistem pemilihan ketua osis dengan aplikasi E-Voting tersebut perdana dilakukan di SMK Bina Am Ma’mur. Kedepannya, sambung dia, juga akan dilakukan di sekolah-sekolah baik tingkat SMP maupun SMA di Kabupaten Tangerang. Kata dia, dengan sistem E-Voting hasil rekap pemilihan bisa langsung dilihat dan apabila ada masalah bisa dicek melalui struk hasil pemilihan.

“Selain kepada pelajar sistem E-Voting ini juga akan kita sosialisasikan kepada masyarakat dan pemerintah daerah,” kata dia.

BACA JUGA:

50 Caleg Melenggang ke DPRD Kabupaten Tangerang

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah bidang humas SMK Bina Am Ma’mur Joko Purnomo merespon baik soal penerapan sistem E-Voting dalam pemilihan osis di sekolahnya. Kata dia, selain sebagai edukasi Pemilu bagi pelajar, tata cara pemilihan dengan sisten E-Voting ini juga bisa membuat para siswa belajar menerapkan demokrasi dengan cara yang tidak biasa.

“Ada 656 siswa yang ikut pemilihan dari 4 jurusan di SMK BAM, sebanyak 35 guru juga ikut berpartisipasi,” ungkapnya.

Ia menambahkan, para siswa juga nampak antusias mengikuti pemilihan yang merupakan hasil kerja sama antara KPU Kabupaten Tangerang dengan SMK Bina Am Ma’mur. “E-Voting ini sangat positif anak-anak jadi bisa belajar tata cara pemilihan,” tukasnya (Ricky/Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.