KPU Kabupaten Serang Targetkan 80% Partisipasi Pemilih Pilkada 2020

  • Whatsapp
kpu kabupaten serang
KPU Kabupaten Serang, Banten, melaunching tahapan Pilkada 2020.

KABUPATEN SERANG, REDAKSI24.COM – KPU Kabupaten Serang, Banten melaunching Pilkada Kabupaten Serang tahun 2020. Selain itu, KPU juga mengenalkan maskot dan jingle Pilkada Kabuaten Serang tahun 2020.

Ketua KPU Kabupaten Serang, Banten, Abidin Nasyar mengungkapkan, saat ini sejumlah partai politik (Parpol) di Kabupaten Serang sudah mulai membuka penjaringan bakal calon (Bacalon) Bupati dan  Wakil Bupati Serang periode 2020-2025.

Bacaan Lainnya

Sementara KPU, kata Abidin, baru akan membuka pendaftaran pasangan Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Serang yang diusung Parpol atau gabungan Parpol pada bulan Juni 2020 mendatang.

“Saat ini kami baru membuka pendaftaran bagi pasangan Bacalon dari halur perseorangan agtau independen,” jelas Abidin Nasyar saat launching Pilkada Kabupaten Serang, di Alun Alun Kramatwatu, Kabupaten Serang, Rabu (4/12/2019).

BACA JUGA:

. Antisipasi Calon Tunggal Pilkada 2020, KPU Bakal Batasi Koalisi Parpol

. Pengamat Dorong Akademisi Maju pada Pilkada Kabupaten Serang 2020

. Genjot Partisipasi Pemilih, KPU Roadshow ke Sejumlah Instansi

Lebih jauh Abidin menjelaskan, agar bisa manggung pada perhelatan Pilkada Kabupaten Serang, pasangan Bacalon Perseorangan harus mengantongi sebanyak 76.752 KTP dukungan yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Serang atau 50 persen.

Sedangkan untuk pasangan Bacalon yang diusung Parpol atau gabungan Parpol harus memiliki dukungan minimal 10 kursi di DPRD Kabupaten Serang. Pasangan Bacalon, baik jalur perseorangan maupun jalur Parpol dinyatakan tidak bisa mengikuti pesta demokrasi lima tahunan tersebut bila tidak memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Abidin juga menargetkan partisipasi pemilih pada Pilkada 2020 bisa mencapai 80 persen. Untuk mencapi target, pihaknya gencar menyosialisasikan tahapan Pilkada Kabupaten Sernag mulai 20 September lalu.

“Tingkat partisipasi tergantung nanti bagaimana seluruh stekholder bekerja keras dalam menyosialisasikan tahapan Pilkada yang menyisakan 295 hari lagi. Mudah mudahan seluruh elemen masyarakat ikut menyosialisasikan pesta demokrasi ini agar target partisipasi pemilih 80 persen bisa tercapai,” jelasnya.

Abiding Nasyar juga menginformasikan seluruh elemen masyarakat yang ingin menjadi panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) dipersilahkan mendaftar mulai bulan Januari 2020 mendatang. “Bulan Januari kami mulai rekrutmen PPK dan PPS,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Serang, Panji Tirtayasa yang hadir pada launching Pilkada 2020, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan pesta demokrasi pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020.

“Launching ini bukan seremonial tahapan pilkada, tapi memberikan pendidikan politik dan sosialisasi rencana Pilkada sehingga bisa menghasilkan pemilih dan pemimpin berkualitas,” katanya..

Panji mengingatkan seluruh aparatur sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Serang utnuk tidak terlibat politik praktis menjelang Pilkada Kabupaten Serang 2020, “ASN wajib netral pada Pilkada 2020 mendatang,” tandasnya.(Adi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.