KPK: Netralitas ASN di Pilkada Langkah Penting Cegah Birokrasi Korup

  • Whatsapp
Pilkada Serentak

JAKARTA, REDAKSI24.COM—KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) mengingatkan netralitas ASN (Aparatur Sipil Negara) dalam perhelatan Pilkada menjadi aspek penting dalam mengantisipasi dan mencegah tindakan koruptif  birokrasi.

Demikian diutarakan  Deputi Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan, dalam kampanye virtual Gerakan Nasional Netralitas ASN yang kedua dengan tema “ASN Netral, Birokrasi Kuat dan Mandiri” yang digelar KASN di Jakarta, Rabu (05/08/2020).

Bacaan Lainnya

Ditegaskan, jika ASN tidak netral maka yang terjadi adalah birokrasi menjadi tercampur dengan politik.

BACA JUGA:Kemenpan-RB Sebut Netralitas ASN Masih Rendah

Menurut Pahala, bercampurnya birokrasi dengan politik praktis  menjadi jalan masuknya berbagai kepentingan sesaat di pemerintahan yang pada gilirannya merugikan rakyat. “Birokrasi berpolitik adalah salah satu pangkal dari tindakan korupsi,” tandasnya.

Oleh karena itu, KPK mengajak semua pihak yang terlibat dalam Pilkada serentak 2020 baik penyelenggara Pemilu, peserta, partai politik, petahana hingga masyarakat sebagai pemilih sama-sama memiliki komitmen agar menolak adanya penyalahgunaan wewenang ASN di penyelenggaraan pilkada.

“Kita dalam forum ini bersepakat Pilkada serentak harus bebas dari tindakan penyalahgunaan kewenangan, utamanya oleh petahana yang akan maju kembali,”imbuh Pahala. (Boyke/Ant/Jaya)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.