KPK Jangan Sekedar OTT, Tapi Juga Cegah Orang Mau Berbuat Korupsi

oleh -
luhut, panjaitan, ott, kpk, korupsi, pencegahan
Menko Luhut Panjaitan mengkritik KPK agar jangan hanya sekedar melakukan OTT, tapi juga harus mencegah seseorang yang mau berbuat korupsi. Foto: Tim Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan di kantor Kemenkomarves Jakarta pada Kamis (8/4/2021)/Antara.

JAKARTA, REDAKSI24.COM–Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jangan hanya sekedar melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT), tetapi juga harus mencegah seseorang yang mau berbuat korupsi.

Menurut Luhut, OTT yang dilakukan KPK selama ini hasinya tidak seperti yang diharapkan, lantaran tidak membuat orang jadi kapok untuk melakukan korupsi.

“Maaf kalau saya bicara agar terbuka, OTT juga menurut saya buahnya tidak seperti yang kita harapkan, (apa) orang jadi kapok? Tidak juga, pencegahan ini yang menurut hemat saya yang perlu KPK dari awal selalu kedepankan,” kata Menko Luhut Panjaitan dalam Peluncuran Aksi Pencegahan Korupsi Stranas PK Tahun 2021-2022, di Jakarta, Selasa (13/4/2021).

Luhut Panjaitan menyebut KPK adalah lembaga yang super sakti, kata dia, sebenarnya kalau memainkan peran dengan pas, dan memperbanyak pencegahan, maka akan bisa menurunkan korupsi.

“Tapi kalau hanya sekadar penindakan terus tanpa pencegahan saya pikir juga tidak akan arif. Sekarang saya lihat pimpinan KPK banyak mendorong pencegahan dan saya sangat apresiasi tentang itu,” ujar Luhut.

Luhut berharap agar KPK jangan membiarkan seseorang berbuat korupsi, kecuali bila telah diingatkan baru dapat dilakukan penindakan.

“Jangan biarkan orang terjerumus, kalau masih bisa kita ingatkan. Pengalaman saya sekarang hampir 7 tahun di kabinet ini, saya lihat memang pencegahan ini baru akhir-akhir ini semakin baik, dan itu menurut saya hal ini sangat penting, tidak sekedar OTT,” tambah Menko Luhut Panjaitan. (ejp)

Sumber: Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.